Tautan-tautan Akses

Belanda Melaju ke Final, Kalahkan Uruguay 3-2


Arjen Robben mencetak gol ketiga Belanda di menit ke-73 melalui sundulan kepala.

Arjen Robben mencetak gol ketiga Belanda di menit ke-73 melalui sundulan kepala.

Tim Oranye maju ke babak final untuk pertama kali dalam 32 tahun terakhir, dan memastikan wakil Eropa akan menjuarai Piala Dunia 2010.

Wesley Sneijder dan Arjen Robben masing-masing mencetak satu gol pada babak kedua dalam selisih waktu tiga menit, dan membawa Belanda meraih kemenangan 3-2 atas Uruguay di Cape Town, Afrika Selatan.

Dengan kemenangan ini, Tim Oranye melaju ke final Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam 32 tahun terakhir. Tim Oranye sempat dua kali menjadi runner up Piala Dunia: pada tahun 1974 kalah dari tuan rumah Jerman, dan pada tahun 1978 kalah dari tuan rumah Argentina.

Kemenangan Belanda ini juga memastikan bahwa pemenang Piala Dunia 2010 adalah tim dari negara Eropa, yang berarti untuk pertama kalinya dalam sejarah tim negara Eropa berhasil menjadi juara Piala Dunia di luar Benua Eropa.

Kapten kesebelasan Belanda Giovanni van Bronckhorst membuka gol pertama di menit ke 18, sebelum Diego Forlan dari Uruguay mencetak gol balasan yang menyamakan kedudukan di menit ke 41. Kedua gol ini sama-sama dicetak melalui tembakan jarak jauh dari luar kotak penalti. Skor 1-1 ini bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Belanda tampil lebih agresif dan membuahkan dua gol. Wesley Sneijder mencetak gol kedua bagi timnya di menit 70 dan tiga menit kemudian, giliran Arjen Robben memanfaatkan umpan Dirk Kuyt dan mencetak gol kemenangan bagi tim Oranye melalui sundulan kepala.

Ketinggalan dua gol, tim 'La Celeste' meningkatkan serangan mereka di menit-menit terakhir. Uruguay berhasil memperkecil ketinggalan menjadi 2-3 lewat tendangan Maximiliano Pereira pada menit ke-92, setelah menerimpa umpan dari tendangan bebas. Namun, wakil Amerika Latin itu gagal mencetak gol lagi dalam usaha terakhirnya, sehingga Belanda melaju ke babak final.

Belanda akan bertemu dengan pemenang pertandingan semifinal lainnya, yaitu antara tim Panser Jerman melawan tim matador Spanyol. Spanyol dan Jerman baru akan bertanding hari Rabu besok di Durban. Pertandingan final Piala Dunia akan berlangsung di stadion 'Soccer City' di Johannesburg pada hari Minggu, 11 Juli 2010.

XS
SM
MD
LG