Tautan-tautan Akses

Beijing Dorong Pembicaraan Enam Pihak untuk Redakan Ketegangan di Semenanjung Korea


Juru bicara Kementrian Luar Negeri Tiongkok, Jiang Yu

Juru bicara Kementrian Luar Negeri Tiongkok, Jiang Yu

Juru bicara Kementrian Luar Negeri Tiongkok Jiang Yu mengatakan Tiongkok dan Korea Utara telah setuju untuk saling menahan diri.

Tiongkok mengatakan seorang diplomat tinggi mendorong perjanjian dengan Korea Utara untuk meredakan ketegangan di Semenanjung Korea dan memulai kembali pembicaraan pelucutan senjata nuklir enam pihak. Sementara ketegangan terus terjadi di Semenanjung Korea, juru bicara Kementrian Luar Negeri Tiongkok Jiang Yu mengatakan Tiongkok dan Korea Utara telah setuju untuk saling menahan diri.

Jiang mengatakan kedua pihak tersebut setuju untuk menghindari langkah-langkah yang bisa memperburuk ketegangan, dan akan bekerja sama untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea.

Jiang memberi penjelasan mengenai kunjungan pejabat Tiongkok Dai Bingguo ke Korea Utara minggu lalu. Ia mengatakan kedua pihak juga setuju untuk mendorong pembicaraan enam pihak yang bertujuan mengakhiri program senjata nuklir Korea Utara.

Jiang mengatakan Korea Utara memiliki apa yang disebutnya “sikap positif” terhadap usul Tiongkok untuk mengadakan perundingan darurat enam-pihak mengenai ketegangan baru-baru ini. Tetapi ia tidak mengatakan apakah Korea Utara akan mengirim wakilnya jika perundingan diadakan.

Pejabat Tiongkok Dai Bingguo (kiri) berkunjung ke Pyongyang dan bertemu pemimpin Korut Kim Jong Il, 9 Desember 2010.

Pejabat Tiongkok Dai Bingguo (kiri) berkunjung ke Pyongyang dan bertemu pemimpin Korut Kim Jong Il, 9 Desember 2010.

Keenam pihak itu adalah Amerika, Korea Utara, Tiongkok, Korea Selatan, Jepang dan Rusia.

Ketegangan di Asia timur laut meningkat tajam setelah Korea Utara menyerang sebuah pulau di Korea Selatan bulan lalu yang menewaskan empat orang. Serangan tersebut menyusul tenggelamnya kapal angkatan laut Korea Selatan bulan Maret lalu, yang diduga dilakukan Korea Utara. Namun, Korea Utara mengatakan pihaknya tidak terlibat.

Korea Selatan, Jepang dan Amerika telah menanggapi serangan tersebut dengan latihan militer dan serangkaian pertemuan untuk membahas cara-cara baru untuk menghadapi Korea Utara.

Gubernur negara bagian New Mexico Bill Richardson akan singgah di Beijing dalam perjalanannya menuju Pyongyang akhir minggu ini. Jiang mengatakan ia tidak tahu apakah Richardson akan bertemu dengan pihak berwenang Tiongkok. Tetapi ia mengatakan Tiongkok selalu mendukung upaya Amerika-Korea Utara untuk berdialog.

Departemen Luar Negeri Amerika menekankan bahwa Richardson akan pergi ke Pyongyang dalam kapasitas pribadi, dan tidak mewakili pemerintah Amerika.

XS
SM
MD
LG