Tautan-tautan Akses

Beginilah Jika 3 Perempuan Anggota DPR AS Tinggal dalam Satu Atap


Maloney, Bean dan Wasserman Schultz, ketiga-tiganya anggota DPR, tinggal serumah di daerah Capitol Hill, Washington.

Maloney, Bean dan Wasserman Schultz, ketiga-tiganya anggota DPR, tinggal serumah di daerah Capitol Hill, Washington.

Tiga anggota DPR perempuan saling mendukung dan bersahabat ketika tinggal serumah. Mereka sama-sama memiliki karir yang bagus, berkeluarga, dan berperan sebagai ibu.

DPR Amerika memiliki 435 anggota, tetapi hanya 73 di antaranya perempuan. Banyak dari para perempuan ini yang meninggalkan keluarga dan teman-temannya untuk mewakili daerah mereka di Kongres Amerika.

Carolyn Maloney, Melissa Bean dan Debbie Wasserman Schultz, semuanya berasal dari Partai Demokrat. Tempat tinggal mereka terletak di sebuah pemukiman di dekat Capitol Hill, tempat bersidang Kongres dan Senat AS. Selama lima tahun, tiga perempuan ini tinggal serumah dan berbagi kehidupan mereka di saat meniti karir sebagai politisi di Washington.

Carolyn Maloney membeli tempat mereka tinggal, setelah tinggal di apartemen tersebut selama lebih dari sepuluh tahun. Ia menjadi anggota Kongres sejak tahun 1993. Awalnya ia tinggal sendirian, namun kemudian memutuskan untuk mencari teman serumah.

Mereka tinggal di rumah ini selama hari kerja, dan kembali ke daerah pemilihan masing-masing di akhir pekan.

Mereka tinggal di rumah ini selama hari kerja, dan kembali ke daerah pemilihan masing-masing di akhir pekan.

"Sewaktu membeli rumah ini, saya pikir saya ingin hidup seperti para pendiri Amerika. Ketika pertama kali terpilih, mereka tinggal di rumah kontrakan dan berkumpul untuk makan malam dan berbagi ide," ujar Maloney.

Ia kemudian mencari dua orang yang cocok untuk tinggal di rumahnya. Maloney lalu bertemu Debbie Wasserman Schultz asal Florida, dan Melissa Bean asal Ilinois. Maloney sendiri berasal dari New York. Maloney mengaku ia sengaja mencari rekan serumah dari daerah yang berbeda-beda. "Tetapi, kami semua ibu dan sama-sama terpilih sebagai wakil partai, sehingga bayak memiliki kesamaan," tambah Maloney.

Mereka bekerja dan tinggal di Washington selama hari kerja dan kembali ke daerah pemilihan mereka masing-masing pada akhir pekan. Melissa Bean dan Debbie Wasserman Schultz sudah menikah dan punya anak, sedangkan anak-anak Carolyn Maloney sudah besar.

Gedung tempat bersidang Kongres dan Senat Amerika, Capitol Hill.

Gedung tempat bersidang Kongres dan Senat Amerika, Capitol Hill.

Wasserman Schultz mengatakan keuntungan terbesar memiliki teman serumah adalah persahabatan dan suasana yang hangat pada saat pulang kerja.

"Di tempat kerja kami sangat sibuk, sehingga sangat menyenangkan bisa pulang dan bertemu dua orang yang peduli dengan kesuksesan dan kesulitan yang saya hadapi, baik di tempat kerja maupun di rumah," kata Wasserman Schultz.

Pada tahun 2007, Wasserman Schultz mengetahui benar betapa pentingnya memiliki orang-orang yang peduli, saat dokter mendiagnosanya dengan kanker payudara. Kini, ia sudah pulih sepenuhnya. Tahun lalu, Carolyn Maloney mengalami musibah ketika suaminya yang berusia 31 tahun telah meninggal dalam sebuah ekspedisi ke gunung Himalaya.

"Teman serumah saya adalah sumber hiburan dan dukungan yang sangat besar buat saya, selama musibah itu terjadi. Kami semua ibu yang juga bekerja di luar rumah. Jadi, kami memiliki tantangan untuk menyeimbangkan antara pekerjaan dan keluarga serta hadir untuk di antara anak-anak kami di saat mereka membutuhkan kami. Kami saling berbagi dan mendukung," ungkap Maloney.

Debbie Wasserman Schultz mendapat diagnosa kanker payudara tiga tahun lalu, dan berpaling pada dukungan rekan-rekan serumahnya. Kini, ia telah pulih dari penyakit tersebut.

Debbie Wasserman Schultz mendapat diagnosa kanker payudara tiga tahun lalu, dan berpaling pada dukungan rekan-rekan serumahnya. Kini, ia telah pulih dari penyakit tersebut.

Jika tahun lalu merupakan tahun yang penting bagi keluarga mereka masing-masing, tahun ini sangat penting untuk karir politik mereka. Ketiganya akan menghadapi pemilihan pada musim gugur nanti. Tetapi Melissa Bean mengatakan, walaupun ada di antara mereka yang kalah dan terlempar dari DPR, persahabatan mereka tak akan terganggu.

"Kami semua, suatu saat harus meninggalkan Kongres, namun persahabatan kami akan tetap ada. Dan, yang sedikit mengejutkan adalah biasanya orang datang ke Kongres, tidak dalam rangka mencari teman, karena jika itu yang terjadi maka itu akan membuat orang menjadi tidak mandiri. Jadi, sangat mengangetkan ketika saya menemukan teman-teman di sini," kata Melissa Bean.

Pada akhir Juli, ketiga perempuan ini berpisah untuk sementara, karena Kongres memasuki masa istirahat musim panas. Mereka kembali ke daerah masing-masing untuk mempersiapkan kampanye untuk pemilihan musim gugur nanti. Mereka akan kembali ke Washington DC pada awal September dan berharap tidak hanya berbagi pengalaman mereka selama musim panas ini, tetapi juga berupaya bisa sama-sama terpilih kembali sebagai anggota Kongres dan tentu saja, tetap tinggal dalam satu rumah.

XS
SM
MD
LG