Tautan-tautan Akses

AS

Beberapa Senator Kompromi Soal RUU Pengendalian Senjata Api


Senator Partai Demokrat Joe Manchin memberikan penjelasan kepada media di Gedung Kongres AS (9/4).

Senator Partai Demokrat Joe Manchin memberikan penjelasan kepada media di Gedung Kongres AS (9/4).

Beberapa senator terkemuka AS mencapai kesepakatan untuk memperluas pemeriksaan latar belakang pada penjualan senjata api.

Beberapa senator terkemuka mengatakan mereka telah mencapai kesepakatan untuk memperluas pemeriksaan latar belakang pada penjualan senjata api pada pameran-pameran senjata dan di internet, meningkatkan prospek lolosnya RUU pengendalian senjata segera.

Senator Partai Demokrat Joe Manchin dari negara bagian West Virginia dan Senator Partai Republik Pat Toomey dari negara bagian Pennsylvania merundingkan kesepakatan tersebut, dan menyebutnya sebuah “kompromi sejati” yang tidak melanggar hak-hak memiliki senjata api yang tercantum dalam Konstitusi Amerika.

Usulan itu tampaknya akan menjadi harapan terbaik bagi RUU pengendalian senjata api yang lebih bermakna, pasca pembunuhan 20 murid dan enam orang dewasa di sekolah dasar Sandy Hook – Newtown – Connecticut, pertengahan Desember lalu.

Manchin dan Toomey mengatakan langkah yang kemungkinan akan lolos di Senat ini mencakup pemeriksaan latar belakang yang lebih luas, pendanaan yang lebih banyak bagi keamanan sekolah dan peraturan yang lebih tegas pada perdagangan senjata api.

Tetapi sebuah larangan tentang senjata serbu otomatis dan membatasi kapasitas magasin amunisi, kecil kemungkinan bisa lolos di Senat yang dikuasai faksi Demokrat. Langkah-langkah semacam ini bahkan akan menghadapi kesulitan besar di DPR yang dikuasai faksi Republik.
XS
SM
MD
LG