Tautan-tautan Akses

BBC: Haqqani Bantah Tewaskan Utusan Damai Afghanistan


Seorang pejalan kaki memberikan doa ketika melewati poster almarhum mantan presiden Burhanuddin Rabbani yang terbunuh (foto:dok).

Seorang pejalan kaki memberikan doa ketika melewati poster almarhum mantan presiden Burhanuddin Rabbani yang terbunuh (foto:dok).

Dalam wawancara melalui pihak ketiga, BBC mengatakan bahwa Haqqani membantah tuduhan pembunuhan atas utusan perdamaian Afghanistan Burhanuddin Rabbani.

BBC mengatakan telah mewawancarai pemimpin operasional Jaringan Haqqani, kelompok militan terkait al-Qaida.

Dalam wawancara yang ditampilkan di situs BBC hari Senin, Sirajuddin Haqqani membantah kelompoknya menewaskan utusan perdamaian Afghanistan Burhanuddin Rabbani.

Haqqani juga mengatakan Jaringan Haqqani, yang disalahkan atas serangkaian serangan belakangan ini terhadap berbagai sasaran Barat di Kabul, sudah lama tidak berhubungan dengan badan intelijen Pakistan, ISI.

Kepala Staf Gabungan Militer Amerika, Laksamana Mike Mullen, bulan lalu mengatakan dalam pertemuan Senat bahwa Jaringan Haqqani bertindak sebagai "tangan kanan" ISI, dan bahwa para anggotanya merencanakan dan melakukan serangan terhadap kedutaan besar Amerika di Kabul dan sebuah pangkalan NATO di Afghanistan.

BBC juga mengatakan wawancara tatap muka tidak dimungkinkan karena “alasan keamanan.” Organisasi media Inggris itu mengatakan pertanyaan-pertanyaan disampaikan lewat pihak ketiga yang lalu kembali dengan jawaban suara. BBC mengatakan jawaban suara itu asli.

XS
SM
MD
LG