Tautan-tautan Akses

Bayi Pertama Lahir dengan DNA dari 3 Orangtua


Seorang embriolog bekerja dengan cawan petri di sebuah klinik fertilitas di London.

Seorang embriolog bekerja dengan cawan petri di sebuah klinik fertilitas di London.

Dokter membuang DNA yang menyebabkan penyakit dari ibu, menyuntikkan DNA yang sehat ke dalam telur donor, dan membuahi telur itu dengan sperma ayahnya.

Para ilmuwan telah mengumumkan kelahiran bayi pertama di dunia yang memiliki DNA dari tiga orang.

Sebuah laporan dalam majalah New Scientist mengatakan bayi laki-laki itu lahir lima bulan lalu di Meksiko dari pasangan suami istri asal Yordania dan kini dalam keadaan kesehatan yang baik.

Pakar bidang kesuburan kehamilan Amerika, Dr. John Zhang pergi ke Meksiko untuk mengusahakan kelahiran tersebut karena teknik itu masih dilarang di Amerika Serikat.

Ibu bayi itu memiliki gen penyakit sistem syaraf fatal yang disebut Leigh Syndrome. Dua bayi sebelumnya meninggal tidak lama setelah lahir dan sang ibu mengalami keguguran empat kali.

Dr. Zhang membuang DNA yang menyebabkan penyakit dari DNA ibu, menyuntikkan DNA yang sehat ke dalam telur donor, dan membuahi telur itu dengan sperma ayahnya.

Zhang berencana untuk membuat presentasi penuh kasus itu dalam pertemuan medis bulan depan di Salt Lake City, Utah.

Para pejabat kesehatan Federal melarang teknik itu di Amerika karena eksperimen-eksperimen sebelumnya mengakibatkan bayi menderita kelainan-kelainan genetik. [sp/isa]

XS
SM
MD
LG