Tautan-tautan Akses

Bayi Harimau Sumatera Mati di Kebun Binatang London


Gambar rekaman video kelahiran bayi harimau Sumatera di Kebun Binatang London, 22 September.

Gambar rekaman video kelahiran bayi harimau Sumatera di Kebun Binatang London, 22 September.

Bayi hewan langka tersebut ditemukan di pinggir kolam di kandang harimau dan pemeriksaan setelah kematian menyatakan ia telah tenggelam.

Bayi harimau Sumatera pertama yang lahir di Kebun Binatang London selama 17 tahun terakhir tenggelam di kolam, menurut pihak kebun binatang Selasa (15/10).

Harimau Sumatera bernama Melati, yang berusia lima tahun, melahirkan bayi yang belum diberi nama itu tiga minggu lalu setelah proses kelahiran enam menit.

Para petugas kebun binatang dilaporkan sangat sedih setelah bayi hewan langka tersebut ditemukan di pinggir kolam di kandang harimau pada Sabtu pagi, menurut seorang juru bicara.

“Para penjaga sangat sedih dan bingung. Mereka bekerja sangat dekat dengan harimau-harimau itu sehingga hal ini merupakan kabar sedih bagi mereka,” ujarnya.

Pemeriksaan setelah kematian menemukan bahwa bayi itu, yang terlalu muda untuk diberi nama atau ditentukan jenis kelaminnya, telah tenggelam.

Induk harimau diperkirakan telah membawa bayi itu keluar kandang namun masih belum jelas mengapa bayi itu tenggelam, karena tidak ada kamera di luar kandang.

Kebun Binatang London telah membuka area kandang baru yang lebih besar awal tahun ini.

Kelahiran bayi harimau tersebut pada 22 September direkam oleh kamera tersembunyi. Kehamilan Melati sepanjang 105 hari telah dirahasiakan oleh para petugas kebun binatang.

Populasi harimau Sumatera di alam liar saat ini diperkirakan hanya ada 300 ekor, turun dari 1.000 pada 1970an. (AFP)
XS
SM
MD
LG