Tautan-tautan Akses

Batman Rayakan Ulang Tahun ke-75


Seorang penggemar mengambil foto buku komik Batman dalam perayaan Hari Batman di sebuah toko komik di New York (23/7). (Reuters/Shannon Stapleton)

Seorang penggemar mengambil foto buku komik Batman dalam perayaan Hari Batman di sebuah toko komik di New York (23/7). (Reuters/Shannon Stapleton)

Diciptakan oleh Bob Kane dan Bill Finger pada 1939, Batman adalah salah satu karakter DC Comics yang paling dikenal dan menguntungkan.

Di Gotham City dan di mana saja Batman dikenal dan dicintai, para penggemar merayakan "Hari Batman", menghormati pahlawan berjubah itu yang buku komik pertamanya diluncurkan 75 tahun yang lalu.

Penerbit komik-komik Batman, DC Entertainment, membagikan ribuan komik gratis berjudul "Detective Comics #27," di mana Batman pertama kali muncul pada 1939.

Meski pahlawan super fiktif itu "lahir" di komik-komik Amerika, Batman telah pindah selama bertahun-tahun berikutnya, tampil di berbagai belahan dunia lewat televisi, film animasi dan film layar lebar serta permainan video.

Diciptakan oleh Bob Kane dan Bill Finger pada 1939 untuk mengkapitalisasi kegilaan akan pahlawan super yang dimulai oleh Superman, Batman adalah salah satu karakter DC Comics yang paling dikenal dan menguntungkan.

Batman adalah pengusaha kaya raya, yang melawan kejahatan di kota fiktif Gotham City, sebuah kota yang mirip New York. Ia mengenakan kostum seperti kelelawar dan merupakan detektif brilian dan ahli bela diri. Bruce Wayne -- identitas Batman yang sebenarnya saat ia tidak berkostum -- mengatakan ia memburu para kriminal untuk membalaskan dendam atas orangtuanya, yang dibunuh oleh preman saat ia masih kecil.

Untuk menandai ulang tahun Batman Rabu (23/7), DC Entertainment juga menjual barang-barang yang bisa dikoleksi, mulai dari jubah kelelawar edisi khusus sampai empat topeng Batman yang menyoroti penampilan ikonik Ksatria Kegelapan yang diinterpretasikan para seniman selama 75 tahun.

Para penggemar yang tinggal di luar AS dapat mengunduh "Detective Comics #27," di laman www.readDCentertainment.com.

"Hari Batman" bertepatan dengan dimulainya Comic-Con, festival tahunan di California yang merayakan buku-buku komik dan seni populer lainnya. Seperti Batman yang merespon pada sinyal kelelawar, para penggemar budaya pop berdatangan ke San Diego untuk pertemuan tahun ini.

XS
SM
MD
LG