Tautan-tautan Akses

Batas Waktu bagi Kesepakatan Pengurangan Defisit AS Hampir Habis

  • Michael Bowman

Anggota super komite Kongres Senator Pat Toomey dari Partai Republik (kiri), menegaskan kesepakatan masih mungkin dicapai sebelum batas waktu 23 November, tanggal yang ditetapkan untuk kesepakatan anggaran yang disahkan awal tahun ini.

Anggota super komite Kongres Senator Pat Toomey dari Partai Republik (kiri), menegaskan kesepakatan masih mungkin dicapai sebelum batas waktu 23 November, tanggal yang ditetapkan untuk kesepakatan anggaran yang disahkan awal tahun ini.

Anggota-anggota Kongres Amerika mengatakan waktunya sudah hampir habis bagi super komite Kongres untuk mencari cara mengurangi defisit 1,2 trilyun dolar dalam 10 tahun mendatang.

Anggota-anggota komite pengurangan defisit yang berasal dari dua fraksi menegaskan kesepakatan masih mungkin dicapai sebelum batas waktu 23 November, tanggal yang ditetapkan untuk kesepakatan anggaran yang disahkan awal tahun ini.

Senator Fraksi Republik dari Negara bagian Pennsylvania, Pat Toomey, mengatakan, “Waktunya hampir habis. Kita masih punya waktu, tetapi bukan untuk dibuang percuma.”

Toomey berbicara demikian dalam program televisi “Fox News Sunday.”

Juga muncul bersamanya dalam program itu anggota super komite Kongres lainnya, James Clyburn, anggota Fraksi Demokrat dari Negara bagian South Carolina.

“Kita punya waktu 10 hari lagi untuk melakukannya, dan saya benar-benar yakin kita punya semua sarana untuk penyelesaian yang baik. Kita hanya perlu mengembangkan tekad untuk melakukannya,” ujar James Clyburn.

Apabila komite itu gagal, pengurangan anggaran otomatis akan dilakukan yang bisa berdampak buruk pada anggaran belanja domestik yang diprihatinkan Fraksi Demokrat dan anggaran belanja pertahanan yang diprihatinkan Fraksi Republik.

Kedua fraksi masing-masing telah mengajukan usul untuk menghindari terjadinya hal itu. Fraksi Republik menunjukkan itikad mereka untuk mempertimbangkan peningkatan pendapatan negara, sementara Fraksi Demokrat mengatakan mereka bersedia mengurangi belanja pemerintah. Namun, Fraksi Republik tetap bersitegas bahwa sebagian besar penghematan harus berasal dari pengurangan belanja.

Senator Toomey menambahkan, “Jika kita melangkah terlalu jauh, berupaya menciptakan pendapatan pajak yang terlalu besar, kita bisa mengganggu perekonomian.”

Fraksi Demokrat berupaya mendesakkan tindakan pengurangan belanja dan sekaligus kenaikan pajak, supaya pengurangan anggaran itu tidak memangkas terlalu besar program-program bagi kelompok miskin dan yang membutuhkan santunan. Clyburn mengatakan, sangat tidak adil melindungi kelompok kaya sehingga mereka tidak perlu berkorban dalam menyeimbangkan anggaran negara.

1,2 trilyun dolar AS adalah jumlah minimum yang harus dicapai dalam pengurangan defisit. Sebagian anggota super komite, yang berjumlah 12 orang, mengatakan mereka berharap mencapai kesepakatan dengan nilai lebih besar, mungkin sekitar 4 trilyun dolar, yang mungkin membutuhkan perombakan dalam program-program layanan kesehatan dan santunan bagi para pensiunan. Tetapi, komite itu nampaknya sudah kesulitan sekedar memenuhi sebuah jumlah minimum.

Defisit pemerintah lebih dari satu trilyun dolar tahun ini. Hutang negara keseluruhannya mencapai sekitar 15 trilyun dolar, atau hampir 50.000 dolar untuk setiap orang Amerika.

XS
SM
MD
LG