Tautan-tautan Akses

Bashir Berupaya 'Bebaskan' Sudan Selatan dari SPLM


Presiden Sudan Omar Al-Bashir telah bersumpah untuk menyingkirkan partai berkuasa di Sudan Selatan.

Presiden Sudan Omar Al-Bashir telah bersumpah untuk menyingkirkan partai berkuasa di Sudan Selatan.

Presiden Sudan Omar Al-Bashir telah bersumpah untuk menyingkirkan partai berkuasa di Sudan Selatan, selagi ketegangan antara kedua negara terus meningkat.

Saat berpidato di depan rapat umum di Khartoum – ibukota Sudan – hari Rabu, Presiden Omar Al-Bashir mengatakan “tujuan utama” Sudan adalah menuntut pembebasan rakyat Sudan Selatan dari Partai SPLM yang berkuasa.

Presiden Omar Al-Bashir berbicara setelah pasukan Sudan dan Sudan Selatan bertempur tadi malam di dekat kota Meiram – yang terletak di negara bagian Kordofan di selatan Sudan.

Kedua pihak telah bertempur di sepanjang perbatasan, meningkatkan kekhawatiran akan terjadinya perang berskala luas. Sudan menuntut pasukan Sudan Selatan meninggalkan kota Heglig yang mereka duduki pekan lalu. Sudan Selatan telah mengutuk Sudan atas serangkaian serangan udara.

Kedua negara tidak mampu menyelesaikan sengketa perbatasan, minyak dan kewarganegaraan yang terjadi sejak Sudan Selatan memerdekatan diri bulan Juli lalu.

Berbicara di Addis Ababa – ibukota Ethiopia – hari Rabu, Mustafa Osman – seorang penasehat Presiden Omar Al-Bashir mengatakan Sudan ingin menyelesaikan isu-isu ini lewat perundingan tetapi kini menghadapi tuntutan publik agar mengambil tindakan.
XS
SM
MD
LG