Tautan-tautan Akses

Barisan Nasional Menangkan Dua Pemilihan Khusus Malaysia


Papan iklan raksasa Barisan Nasional dengan foto Perdana Menteri Najib Razak.

Papan iklan raksasa Barisan Nasional dengan foto Perdana Menteri Najib Razak.

Koalisi yang berkuasa di Malaysia, Barisan Nasional atau BN, telah memenangkan dua pemilihan khusus parlemen.

Kemenangan itu memperkuat kekuasaan Perdana Menteri Najib Razak di negara itu, walaupun saat ini ada tuduhan korupsi terhadap dirinya.

Komisi pemilu mengatakan kedua kursi itu dimenangkan oleh mayoritas yang lebih besar daripada dalam pemilu federal tahun 2013.

Para analis politik mengatakan Najib kemungkinan akan mengadakan pemilu segera karena kemenangan telak itu.

Najib mengatakan dalam pernyataan bahwa mantan Perdana Menteri Mahathir Mohamad sebelumnya telah “mengubah pemilihan itu menjadi referendum mengenai kepemimpinannya.”

BN memenangkan kursi itu di Sungai Besar dan Kuala Kangsar, daerah di pantai barat Malaysia.

Pemilihan untuk kedua kursi itu diadakan setelah anggota parlemen yang menduduki kursi tersebut tewas dalam kecelakaan helikopter bulan lalu.

Najib sedang menghadapi penyelidikan mengenai dana senilai hampir $ 700 juta yang ditemukan pada rekening bank pribadi rahasia melalui perusahaan-perusahaan yang terkait dengan dana kekayaan negara 1MDB, yang diprakarsai oleh Najib 6 tahun yang lalu.

Najib telah berkali-kali membantah melakukan kesalahan dan jaksa agung Malaysia telah mengatakan dana itu adalah sumbangan pribadi dari keluarga kerajaan Arab Saudi.

Tetapi skandal itu telah menyebabkan penyelidikan dalam 10 negara, termasuk Malaysia, Inggris, Amerika Serikat, dan Swiss, mengenai tuduhan sumbangan politik, pengungkapan informasi yang kurang benar, kemungkinan penggelapan dan pencucian uang. [gp]

XS
SM
MD
LG