Tautan-tautan Akses

Barat Skeptis atas Pertukaran Uranium Iran-Turki


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengacungkan tanda kemenangan ("Victory") saat dicapainya kesepakatan pertukaran uranium dengan PM Turki Erdogan di Teheran, 17 Mei 2010 .

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengacungkan tanda kemenangan ("Victory") saat dicapainya kesepakatan pertukaran uranium dengan PM Turki Erdogan di Teheran, 17 Mei 2010 .

AS dan negara-negara Barat lain masih punya keprihatinan besar tentang program nuklir Iran meski ada kesepakatan itu.

Amerika dan negara-negara Barat lainnya mengatakan masih punya keprihatinan besar tentang program nuklir Iran, meskipun Teheran sepakat mengirim sejumlah uraniumnya untuk diperkaya di Turki.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Iran Ramin Mehmanparast mengatakan Iran sepakat untuk menukar 1200 kilogram uranium kadar rendah – atau sekitar setengah dari cadangan yang dilaporkan - dengan bahan bakar reaktor nuklir yang sudah diperkaya.

Jurubicara Gedung Putih Robert Gibbs dalam pernyataannya hari Senin mengatakan kesepakatan itu merupakan langkah positif Iran untuk mengirim uranium kadar rendahnya keluar dari Iran. Namun, tambah Gibbs, pernyataan Iran untuk meneruskan program pengayaan uranium sampai 20 persen adalah “pelanggaran langsung” resolusi-resolusi Dewan Keamanan PBB.

Sementara itu, menteri muda luar negeri Inggris Alistair Burt mengatakan pembahasan mengenai kemungkinan penjatuhan sanksi PBB putaran keempat kepada Iran tetap dilanjutkan sampai negara itu membuktikan kepada dunia bahwa program nuklirnya adalah untuk tujuan damai.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Perancis, Bernard Valero mengatakan para perunding hendaknya “tidak menipu“ diri sendiri bahwa kesepakatan Iran dan Turki itu akan menyelesaikan masalah program nuklir Iran.


XS
SM
MD
LG