Tautan-tautan Akses

Bara Api Merajalela di Hutan California


Pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di sebuah kawasan hutan di Cabazon, California, baru-baru ini (8/8).

Pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di sebuah kawasan hutan di Cabazon, California, baru-baru ini (8/8).

Negara bagian California benar-benar membara musim panas ini. Pejabat pemadam kebakaran khawatir kebakaran hutan akan terus memuncak.

Masih berminggu-minggu lagi sebelum angin Santa Ana yang makin mengobarkan api tiba, tapi kebakaran sudah mencapai tingkat gawat, di mana hampir dua kali lipat lahan yang luasnya ratusan hektar terbakar di seluruh negara bagian California dibandingkan tahun lalu, termasuk 7.690 hektar yang terbakar minggu ini dan kobaran api masih melanda daerah pegunungan, 145 kilometer di sebelah timur Los Angeles.

Juru bicara Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California, Daniel Berlant mengatakan sepanjang tahun ini, pejabat pemadam kebakaran Kalifornia berjuang melawan 4.300 kebakaran hutan, peningkatan tajam dari rata-rata 3.000 kebakaran per tahun yang mereka hadapi dari tahun 2008 sampai 2012.

Sampai minggu lalu, kebakaran itu sudah menghanguskan lebih dari 28.700 hektar atau sekitar 287 kilometer persegi, bertambah 16.200 hektar atau 163 kilometer persegi dari periode yang sama tahun lalu.

Menurut Daniel Berlant rata-rata lahan yang terbakar selama lima tahun terakhir mencapai 45.735 hektar sekitar 458 kilometer persegi.

Kata Berlant ada peningkatan besar kebakaran dan lebih awal dari biasanya dan ia menambahkan musim kebakaran dimulai pertengahan April sekitar sebulan lebih awal dari biasanya. California bahkan belum sampai pada periode di mana kebakaran terbesar yang paling menghancurkan terjadi.

Senator Amerika Barbara Boxer yang tinggal di Riverside County mengatakan perubahan iklim memicu kobaran yang membawa malapetaka lebih besar, sementara pemotongan anggaran membatasi sumber daya untuk memadamkannya.

Tahun ini kata Berlant, pejabat pemadam kebakaran California meminta lebih banyak petugas pemadam kebakaran dan mobil-mobil pemadam kebakaran cadangan sewaktu cuaca panas dan kering.

Sementara pejabat-pejabat negara bagian mendorong penduduk untuk membersihkan semak-semak kering sebelum musim kebakaran, pihak berwenang kini menghimbau masyarakat untuk tidak menggunakan mesin pemotong rumput sewaktu hari panas karena mesin itu bisa memicu percikan api.

Kebakaran yang dijuluki Silver Fire telah mencederai lima pemadam kebakaran dan mencederai seorang warga sipil. Kebakaran hari Sabtu itu sudah meluas hampir 78 kilometer persegi.

Pada puncaknya kebakaran itu memaksa 1.800 orang mengungsi termasuk 800 orang yang berkemah tapi perintah evakuasi itu hari Jumat dicabut di banyak daerah sehingga hanya beberapa ratus orang yang masih berada di tempat penampungan.
XS
SM
MD
LG