Tautan-tautan Akses

Ledakan di Ibukota Nigeria Tewaskan 71 Orang


Para korban terlihat bergelimpangan di sekitar lokasi ledakan yang mengakibatkan kebakaran dan asap teal di stasiun bus di Abuja (14/4).

Para korban terlihat bergelimpangan di sekitar lokasi ledakan yang mengakibatkan kebakaran dan asap teal di stasiun bus di Abuja (14/4).

Ledakan sebuah bom mobil di stasiun bus di Abuja, Nigeria telah menewaskan sedikitnya 71 orang dan melukai lebih dari 120 lainnya hari Senin (14/4).

Presiden Nigeria, Goodluck Jonathan mengunjungi terminal bus di penggiran ibukota, Abuja, itu beberapa jam setelah bom tersebut meledak pada jam sibuk hari Senin (14/4) pagi.

Presiden Jonathan mendesak warga Nigeria agar mewaspadai gerakan-gerakan yang mencurigakan, dan mengindikasikan kelompok Islamis Boko Haram berada di balik ledakan itu, meskipun belum ada yang mengaku bertanggung jawab.

Kantor Berikta Nigeria mengutip seseorang yang selamat dalam ledakan itu, Prince Igwe, yang mengatakan ledakan tersebut berasal dari kendaraan yang diparkir di depan beberapa bus yang penuh penumpang.

Pria itu, yang mengaku berada dalam salah satu bus tersebut, mengatakan sopir kendaraan tersebut memarkir kendaraannya dengan cepat, dan kemudian menghilang tidak lama setelah ledakan.

Seorang jurubicara polisi mengatakan sekitar 40 kendaraan mengalami kerusakan atau hancur dalam ledakan itu.

Kelompok militan Islamis Boko Haram sering melakukan serangan dalam upayanya untuk menciptakan negara Islam yang ketat di bagian utara Nigeria. Pekan lalu,terduga Islamis membunuh sedikitnya 60 orang dalam serangan di negara bagian Borno.

Boko Haram telah dituduh melakukan pembunuhan sejak melancarkan pemberontakan terhadap pemerintah tahun 2009. Amnesty International mengatakan dua minggu lalu bahwa tahun ini saja 1.500 orang telah tewas dalam kekerasan terkait Boko Haram .
XS
SM
MD
LG