Tautan-tautan Akses

AS

40 Persen Warga AS Merasa Tak akan Nikmati Pensiun


Banyak warga AS berpendapat mereka akan harus bekerja sampai usia tua karena tidak punya tabungan yang cukup (foto: ilustrasi).

Banyak warga AS berpendapat mereka akan harus bekerja sampai usia tua karena tidak punya tabungan yang cukup (foto: ilustrasi).

Hasil survei perusahaan perbankan Wells Fargo mendapati bahwa hampir 40 persen warga AS merasa tidak akan punya kesempatan untuk pensiun.

Hampir 40 persen orang Amerika berpendapat mereka tidak akan punya kesempatan untuk pensiun. Demikian hasil survei yang dilakukan Wells Fargo (WFC). Sebaliknya, mereka percaya mereka ‘akan bekerja sampai mati” atau tidak bisa bekerja karena terlalu sakit.

Kajian Kelas Menengah dan Pensiun itu juga mendapati lebih dari separuh kelas menengah atau 59 persen mengatakan kekhawatiran utama mereka sehari-hari soal keuangan adalah membayar tagihan bulanan.

Menabung untuk hari tua juga tidak menjadi kekhawatiran mereka. Hanya 13 persen menilainya prioritas. Di luar itu, empat dari 10 warga Amerika kelas menengah atau 42 persen mengatakan menabung dan membayar tagihan tidaklah mungkin.

Sekitar 34 persen responden mengatakan mereka akan harus bekerja sampai setidaknya usia 80 tahun karena mereka tidak punya tabungan yang cukup. Dalam resesi terakhir, banyak orang terpaksa menguras tabungan setelah di-PHK atau kesulitan membayar KPR rumah.

Survey Wells Fargo itu dilakukan Harris Interactive melalui telepon kepada 1000 orang Amerika kelas menengah berusia 25 sampai 75 tahun.
XS
SM
MD
LG