Tautan-tautan Akses

Banyak Pejabat China Gunakan Uang Rakyat untuk 'Pesta Rahasia'


Para aktivis melakukan unjuk rasa anti korupsi dengan membawa spanduk di Beijing (9/4).

Para aktivis melakukan unjuk rasa anti korupsi dengan membawa spanduk di Beijing (9/4).

Para pejabat China diduga terlibat dalam gaya hidup mewah dengan menggunakan uang rakyat, yang dilakukan dengan sembunyi-sembunyi untuk menghindari pengawasan.

China mengakui bahwa sebagian pejabat pemerintah berusaha menghindari tindakan terhadap kemewahan berlebihan dengan melakukan pesta sauna rahasia dan menyembunyikan minuman keras di botol air minum mereka.

Harian Rakyat memuat komentar halaman depan hari Rabu, memperingatkan agar para pejabat tidak terlibat dalam gaya hidup mewah secara sembunyi-sembunyi dengan menggunakan uang rakyat.

Penulis artikel itu adalah He Yong, sama dengan nama petinggi anti korupsi China. Artikel dimuat bertepatan dengan peringatan Hari Buruh, yang di China biasanya dirayakan dengan pesta dan perjamuan.

Menurut Harian Rakyat, kemarahan rakyat meningkat karena laporan mengenai para pejabat China menyelenggarakan pesta-pesta sauna di rumah-rumah pertanian, mengisi botol air minum dengan minuman keras, dan melangsungkan jamuan makan di kantin supaya terhindar dari pengawasan.

Kepemimpinan baru Partai Komunis China yang mulai berkuasa tahun lalu berjanji akan mengurangi kemewahan dan menganjurkan penghematan dalam upaya meredakan kemarahan rakyat terkait korupsi.
XS
SM
MD
LG