Tautan-tautan Akses

AS

Banyak Korban Hilang Tanah Longsor di AS Ternyata Selamat


Team SAR mencari korban di antara puing-puing rumah yang hancur akibat tanah longsor di kota Oso, negara bagian Washington (28/3).

Team SAR mencari korban di antara puing-puing rumah yang hancur akibat tanah longsor di kota Oso, negara bagian Washington (28/3).

Jumlah orang yang diyakini hilang menyusul tanah longsor di negara bagian Washington telah turun menjadi 30 orang, setelah banyak orang ditemukan dalam kondisi selamat.

Beberapa pejabat sebelumnya mengatakan jumlah korban hilang mencapai 90 orang, kini mengubah pernyataannya seiring ditemukannya para korban dan saling konfirmasi dengan pejabat dan warga lain.

Tim SAR yang menggunakan peralatan berat, anjing pelacak dan tangan kosong mencari para korban tanah longsor di tengah hujan lebat, seminggu setelah tanah longsor membinasakan desa Oso – di utara Seattle.

Jumlah resmi korban tewas akibat bencana itu hingga hari Sabtu menjadi 18 orang. Pihak berwenang sebenarnya telah menemukan lebih dari 20 jenazah, tetapi belum ditambahkan dalam daftar resmi karena masih menunggu proses identifikasi selesai.

Beberapa bencana tanah longsor terparah di Amerika yang dicatat badan survei geologi terjadi 1928, ketika bendungan di San Francisquito Canyon – California ambruk, memicu tanah longsor dan menewaskan 500 orang. Bencana tanah longsor lain yang menelan korban hingga 150 orang terjadi tahun 1969 di Virginia, akibat dipicu badai Camille. Sementara itu 129 warga Puerto Rico tewas akibat tanah longsor yang dipicu badai Isabel tahun 1985.
XS
SM
MD
LG