Tautan-tautan Akses

Banyak Imigran Vietnam di AS Jalankan Bisnis Salon Kuku

  • Mike O'Sullivan

Warga Vietnam Amerika jumlahnya merupakan 80 persen dari pekerja perawatan kuku di California, dan lebih dari 40 persen di seluruh Amerika (foto: Dok)..

Warga Vietnam Amerika jumlahnya merupakan 80 persen dari pekerja perawatan kuku di California, dan lebih dari 40 persen di seluruh Amerika (foto: Dok)..

Banyak salon kuku di Amerika dioperasikan oleh imigran Vietnam, yang pada awalnya diprakarsai oleh seorang aktris Hollywood yang membantu para pengungsi Vietnam di AS terjun ke bisnis ini.

Hampir semua dari ratusan pelajar di Advance Beauty College di California adalah warga Vietnam Amerika. Mereka mempelajari bisnis salon kuku, serta bagaimana menjual barang dagangan seperti cat kuku dan glitter. Mereka juga belajar mewarnai rambut, perawatan rambut dan kulit, serta cara menjalankan bisnis.

Kampus ini terletak di lingkungan yang dikenal sebagai Little Saigon, di Los Angeles selatan. Tempat ini memiliki jumlah penduduk Vietnam terbanyak di luar Vietnam.

Seorang aktris cantik Hollywood membantu para pengungsi Vietnam terjun ke bisnis ini ketika puluhan ribu orang melarikan diri setelah akhir Perang Vietnam pada tahun 1975.

Tippi Hedren, yang dikenal lewat film Alfred Hitchcock berjudul The Birds, membantu sebagian pengungsi mendapat pelatihan salon.

Tam Nguyen, yang keluarganya mengelola sekolah kosmetik ini, mengatakan aktris itu membantu mereka menemukan cara untuk mencari nafkah.

"Ia adalah orang yang saya sebut sebagai ibu baptis dari industri salon kuku Vietnam karena ia mensponsori 20 perempuan Vietnam pertama di sebuah sekolah kecantikan di California untuk belajar tentang profesi yang kini menjadi salah satu industri terbesar yang melibatkan ratusan ribu warga Vietnam," paparnya.

Para imigran baru mempelajari semua aspek bisnis salon kuku dan kecantikan lewat kursus privat atau kursus dalam kelas.

"Kita perlu tahu tentang perawatan kulit, jenis kulit, kondisi ...," tutur salah seorang guru.

Lebih dari 20.000 siswa telah lulus dari sekolah ini. Tam Nguyen, yang meraih gelar dokter namun beralih ke bisnis keluarga, mengatakan salon-salon Vietnam telah menyebar ke seluruh dunia.

"Perawatan kuku gaya di Vietnam bisa ditemukan di semua benua, bahkan di Vietnam sekarang. Vietnam sekarang membuka banyak salon kecantikan, spa dan salon kuku, yang semuanya dimulai di California," paparnya lagi.

Ia mengatakan tradisi itu terus berlanjut di Little Saigon.
XS
SM
MD
LG