Tautan-tautan Akses

Bank Terbesar Inggris Dituduh Bantu Klien Hindari Pajak


Salah satu kantor cabang Bank HSBC di kota Jenewa, Swiss (foto: dok).

Salah satu kantor cabang Bank HSBC di kota Jenewa, Swiss (foto: dok).

Dokumen rahasia menunjukkan bank raksasa Inggris HSBC menyediakan rekening bagi penjahat internasional, selebritis, politisi, para anggota keluarga kerajaan, atlet dan para pimpinan perusahaan.

Jaringan besar wartawan investigatif telah mendapati bahwa cabang bank terbesar Inggris di Swiss membantu klien kaya menghindarkan pajak dan menyembunyikan aset ratusan juta dolar.

Dalam laporan yang dikeluarkan Minggu (8/2), konsorsium internasional wartawan investigatif yang berbasis di Washington (ICIJ) mengungkapkan dokumen bank rahasia dari beberapa tahun lalu yang menunjukkan bank raksasa Inggris HSBC menyediakan rekening bagi penjahat internasional, selebritis, politisi, para anggota keluarga kerajaan, atlet dan para pimpinan perusahaan.

Para penjahat itu, antara lain, anggota kartel narkoba, pedagang senjata dan buronan pedagang berlian.

ICIJ dan beberapa organisasi media memiliki dokumen-dokumen bank sejak tahun 2007, dengan pertolongan surat kabar Perancis Le Monde, yang mengungkap cakupan upaya penghindaran pajak tersebut. Bocoran dokumen itu memuat rincian tentang lebih dari 100 ribu klien dari seluruh dunia, baik individu maupun entitas resmi lainnya.

Menurut laporan ICIJ itu, beberapa penelitian akademis memperkirakan ada sekitar 7,6 trilyun dolar pendapatan yang disembunyikan di berbagai tempat yang aman di luar negeri, dan menyulitkan pemerintah mengumpulkan pajak pendapatan yang sedianya bernilai sekitar 200 milyar dolar per tahun.

Di Inggris, laporan itu menimbulkan kemarahan para anggota parlemen dan memicu kecaman bahwa mereka yang berwenang mengurus pajak telah gagal mengenakan sanksi terhadap mereka yang menghindari membayar pajak.

Tetapi Menteri Keuangan Inggris David Gauke mengatakan kepada Reuters, hal itu seharusnya ditangani oleh para pengambil kebijakan dan bukan oleh para politisi.

HSBC menanggapi laporan itu dengan mengatakan usaha pematuhannya tidak memadai. Bank itu mengatakan pihaknya telah menjalani “transformasi radikal” dalam beberapa tahun ini dan sekarang menegakkan keharusan yang lebih keras untuk melaporkan.

Pengungkapan ini kemungkinan akan menimbulkan seruan akan pengawasan yang lebih seksama penghindaran pajak yang canggih oleh orang kaya dan perusahaan multinasional, masalah politik yang penting di Inggris dan seluruh Eropa.

XS
SM
MD
LG