Tautan-tautan Akses

Pertemuan Bank Sentral Sepakati Tingkatkan Cadangan Modal Perbankan


Pejabat bank-bank sentral dunia yang bertemu di Swiss menyepakati langkah baru untuk mencegah timbulnya krisis keuangan global baru.

Pejabat dan penguasa bank-bank sentral dunia yang bertemu di Swiss sepakat untuk memaksa bank-bank supaya menambah jumlah modal yang disimpan sebagai cadangan, untuk mencegah timbulnya krisis keuangan global baru.

Ketua bank sentral Eropa, Jean Claude Trichet mengatakan hari Minggu, perjanjian itu adalah usaha penting jangka panjang untuk menjamin kestabilan dan pertumbuhan keuangan.

Peraturan baru itu mengharuskan bank-bank menyimpan asset berkualitas tinggi yang jumlahnya tiga kali lebih banyak dari yang diharuskan sebelumnya. Ini akan menciptakan dana penyangga yang lebih besar guna menjamin investasi yang bermasalah dan menjamin bank-bank punya cukup simpanan untuk mencegah krisis tanpa harus dibantu dana talangan pemerintah.

Peraturan baru itu akan mulai dijalankan tahun 2013, dan bank-bank diberi waktu enam tahun untuk menjalankan peraturan itu sepenuhnya.

XS
SM
MD
LG