Tautan-tautan Akses

Bank Sentral Eropa Mungkin Beli Obligasi


Mario Draghi, Presiden Bank Sentral Eropa mengatakan akan mempertimbangkan pembelian obligasi dari bank-bank Eropa (foto: dok).

Mario Draghi, Presiden Bank Sentral Eropa mengatakan akan mempertimbangkan pembelian obligasi dari bank-bank Eropa (foto: dok).

Bank Sentral Eropa minggu ini mungkin akan membeli obligasi dari pemerintah yang dililit utang di 17 negara zona mata uang euro untuk meringankan biaya pinjaman mereka.

Direktur Bank itu, Mario Draghi, mengatakan kepada anggota parlemen Eropa hari Senin bahwa pembelian surat utang negara yang harus dibayar kembali dalam waktu sedikitnya tiga tahun tidak melanggar aturan Uni Eropa.

Pembuat kebijakan bank sentral itu akan bertemu Kamis dan mungkin mengungkapkan rencana pembelian surat utang tersebut.

Para pemimpin Eropa telah berjuang untuk mengakhiri krisis utang di benua itu - sekarang dalam tahun ketiga. Yunani, Irlandia dan Portugal terpaksa mengamankan dana talangan internasional, sementara biaya pinjaman untuk Spanyol dan Italia yang dilanda utang telah meningkat saat mereka menjual obligasi di pasar keuangan dunia.

Suku bunga obligasi mereka bisa dipotong jika bank sentral benua itu membeli utang mereka.

Beberapa pemimpin Eropa bolak-balik antara ibukota pekan ini untuk membahas nasib ekonomi benua itu. Pada hari Selasa, Presiden Perancis Francois Hollande bertemu di Roma dengan Perdana Menteri Italia Mario Monti.
XS
SM
MD
LG