Tautan-tautan Akses

Bank Sentral Eropa Catat Rekor Suntikan Dana Terbesar Untuk Euro


Patung Euro di depan Sentral Bank Eropa di Frankfurt, Kerman (Foto: dok).

Patung Euro di depan Sentral Bank Eropa di Frankfurt, Kerman (Foto: dok).

Bank Sentral Eropa mencatat rekor dengan memberikan pinjaman dalam jumlah besar kepada bank-bank di ke-17 negara pengguna mata uang euro, dengan harapan membatasi dampak krisis hutang pemerintah.

Bank Sentral Eropa mengatakan hari Rabu, akan memberikan hutang tiga tahun sebesar 638 milyar dolar kepada 523 bank, dalam upaya mendorong mereka memberikan kredit kepada bisnis dan konsumen dan membeli surat obligasi pemerintah yang dibebani hutang. Ini adalah suntikan uang terbesar ke dalam sistem perbankan Eropa selama 13 tahun berlakunya mata uang euro.

Banyak analis mengatakan, jumlah itu mungkin terlalu kecil untuk membantu bank-bank yang kekurangan uang kontan dan dikhawatirkan beberapa pemerintah tidak akan mampu memenuhi kewajiban hutang mereka.

Dikatakan, alih-alih memberikan kredit baru untuk menggerakkan perekonomian yang mandek atau membeli surat obligasi pemerintah, bank-bank itu mungkin menggunakan suntikan uang itu untuk menaikkan cadangan uang kontan atau menjadwalkan kembali hutang mereka sendiri.

XS
SM
MD
LG