Tautan-tautan Akses

Bank Sentral Eropa akan Awasi 120 Bank


Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi (foto: dok). ECB akan melakukan pengawasan terhadap 120 bank terbesar di Eropa.

Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi (foto: dok). ECB akan melakukan pengawasan terhadap 120 bank terbesar di Eropa.

Bank Sentral Eropa (ECB) akan melakukan "pengawasan langsung" terhadap 120 bank terbesar di Eropa mulai pertengahan November mendatang.

Seorang anggota Dewan Eksekutif bank sentral Jerman, Deutsche Bundesbank, mengatakan dalam waktu kurang dari sebulan, Bank Sentral Eropa (ECB) akan melakukan "pengawasan langsung" terhadap 120 bank terbesar di Eropa.

Di kantor Brookings Institute di Washington hari Rabu (8/10), Andreas Dombret mengatakan 80 persen dari neraca yang dikumpulkan dari sistem perbankan di wilayah Euro segera akan berada di bawah regulator tunggal.

Andreas Dombret mengatakan itu merupakan langkah terbesar menuju integrasi keuangan Eropa sejak peluncuran mata uang bersama, euro.

ECB mengatakan sistem baru pengawasan perbankan itu hanya akan "bertanggung jawab" bagi bank-bank yang didefinisikan sebagai "lembaga kredit yang kurang signifikan."

ECB mengatakan sistem yang mulai operasi pada pertengahan bulan November itu, akan "menjamin keamanan dan kesehatan sistem perbankan Eropa dan meningkatkan integrasi keuangan dan stabilitas di Eropa."

XS
SM
MD
LG