Tautan-tautan Akses

Bank Sentral Eropa Tenangkan Pasar yang Khawatir dengan Krisis Utang


Kantor pusat bank sentral Eropa di Frankfurt, Jerman.

Kantor pusat bank sentral Eropa di Frankfurt, Jerman.

Bank Sentral Eropa menyatakan akan membeli obligasi dari Italia dan Spanyol, serta mendukung agenda reformasi ekonomi di kedua negara.

Bank Sentral Eropa mengumumkan akan membeli obligasi pemerintah dari Italia dan Spanyol, sebagai upaya menenangkan kekhawatiran pasar tentang krisis utang di zona euro.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan hari Minggu, Bank Sentral Eropa menyambut baik rencana Italia dan Spanyol untuk mereformasi ekonomi dan kebijakan pengurangan utang, dan mendesak pelaksanaannya dipercepat.

Gubernur Bank Sentral Eropa mengadakan konferensi telepon darurat untuk membantu menghindari gejolak pasar menjelang pembukaan pasar keuangan hari Senin.

Pejabat-pejabat dari Kelompok Tujuh Negara industri juga melakukan rapat melalui telepon hari Minggu. Dalam pernyataan yang dikeluarkan sore hari, pejabat-pejabat dari Jepang, Amerika, Inggris, Kanada, Perancis, Jerman dan Italia menegaskan komitmen mereka untuk menjamin stabilitas di pasar keuangan global. Mereka menjanjikan "semua langkah yang diperlukan untuk mendukung stabilitas dan pertumbuhan keuangan."

Hari Senin adalah hari pertama perdagangan bagi sebagian negara sejak lembaga pemeringkat Standard and Poor’s hari Jumat menurunkan peringkat kredit Amerika dari yang tertinggi tripleA untuk obligasinya menjadi doubleA+ untuk pertama kalinya dalam sejarah.

XS
SM
MD
LG