Tautan-tautan Akses

Bank Sentral AS Masih Mungkin Naikkan Suku Bunga Akhir Tahun


Kantor pusat bank sentral AS atau Federal Reserve di Washington DC (foto: dok).

Kantor pusat bank sentral AS atau Federal Reserve di Washington DC (foto: dok).

Seorang anggota komite yang ikut merekomendasikan kebijakan bank sentral AS mengatakan, kenaikan suku bunga utama masih merupakan opsi dalam dua pertemuan terakhir bank sentral AS di tahun 2015.

Seorang anggota komite penentu kebijakan bank sentral AS atau Federal Reserve mengatakan, ia percaya ekonomi Amerika berada pada jalur yang memuaskan, dan menurutnya, peningkatan suku bunga oleh bank sentral AS kemungkinan akan tepat dilakukan pada bulan Oktober atau Desember tahun ini.

Dennis Lockhart, presiden bank sentral AS untuk kota Atlanta, Georgia, mengatakan bahwa data ekonomi AS telah memberikan sinyal yang bertentangan dan ada lebih banyak ambiguitas (ketidakjelasan) dalam data tersebut daripada beberapa minggu yang lalu.

Dalam sambutannya di depan konferensi para penulis dan editor Bisnis Amerika, Lockhart mengatakan ia akan mengamati aktivitas konsumen Amerika, sebelum membuat keputusan apakah akan memberi rekomendasi kenaikan suku bunga pada salah satu dari dua pertemuan terakhir bank sentral AS tahun 2015, yaitu pada akhir bulan ini atau bulan Desember.

"The Fed" atau bank sentral AS telah mempertahankan suku bunga utamanya pada rekor sangat rendah mendekati nol persen yang telah diberlakukan sejak bulan Desember tahun 2008. [pp]

XS
SM
MD
LG