Tautan-tautan Akses

AS

Bank Sentral Amerika: Ekonomi Amerika Menguat


Janet Yellen

Janet Yellen

Gubernur Bank Sentral Amerika Janet Yellen hari Selasa berusaha meyakinkan para investor kembali bahwa ia akan merangkul pendekatan pada kebijakan suku bunga yang diterapkan pendahulunya, Ben Bernanke, sebelum mundur bulan lalu.

Yellen mengatakan kepada Kongres Amerika jika ekonomi terus membaik, Federal Reserve akan mengambil berbagai langkah proporsional yang lebih jauh untuk mengurangi pembelian sekuritas per bulan oleh bank itu.

Dalam pernyataan publik pertamanya sejak menjabat minggu lalu, Yellen menyatakan dukungannya terhadap pendapat Bernanke bahwa ekonomi Amerika kini cukup menguat untuk menghadapi pemangkasan stimulus, tetapi suku bunga harus tetap rendah guna memperbaiki lebih jauh ekonomi yang masih loyo.

Komentar Yellen itu, yang diungkapkan dihadapan komisi DPR Amerika, mengisyaratkan Fed akan membiarkan suku bunga jangka pendek hampir nol persen untuk periode yang lebih lama.

Pesannya untuk melanjutkan kebijakan Fed itu meyakinkan kalangan investor dan memicu kenaikan harga saham di Wall Street. Indeks Dow Jones sempat naik hampir 140 poin pada perdagangan siang hari.

Yellen mengatakan Fed terus memantau gejolak di pasar-pasar global, tetapi berpendapat hal itu tidak beresiko serius terhadap Amerika untuk saat ini. Komentar Yellen itu diungkapkan sebelum ia memimpin rapat Fed untuk pertama kalinya sebagai gubernur. Rapat akan berlangsung 18-19 Maret, dan sesudah itu ia akan menggelar jumpa pers pertamanya.
XS
SM
MD
LG