Tautan-tautan Akses

Bank Jerman Tak Akan Bayar $14 Miliar Klaim AS


Kantor pusat bank bisnis terbesar Jerman Deutsche Bank AG di Frankfurt. (Foto: Dok)

Kantor pusat bank bisnis terbesar Jerman Deutsche Bank AG di Frankfurt. (Foto: Dok)

Deutsche Bank adalah salah satu dari banyak bank dan lembaga keuangan yang diselidiki atas tuduhan mengadakan transaksi yang tidak beres menjelang krisis keuangan 2008.

Deutsche Bank mengatakan tidak akan membayar US$14 miliar yang dituntut oleh Departemen Kehakiman Amerika untuk menyelesaikan klaim-klaim sipil terkait penjualan surat-surat berharga tentang utang kredit perumahan di Amerika.

Bank Jerman itu hari Jumat (16/9) mengatakan Departemen Kehakiman AS menuntut bayaran $14 miliar dan meminta bank tersebut mengajukan usul balasan. Jumlah tersebut itu hanyalah “pembuka” yang diajukan Amerika dalam perundingan yang baru saja dimulai.

Deutsche Bank adalah salah satu dari banyak bank dan lembaga keuangan yang diselidiki atas tuduhan mengadakan transaksi yang tidak beres menjelang krisis keuangan tahun 2008, yang mengakibatkan jutaan orang Amerika kehilangan pekerjaan, dan dalam banyak kasus juga kehilangan rumah mereka.

Pemerintah Amerika menuduh bank-bank itu menipu investor tentang nilai sebenarnya surat-surat utang yang mereka jual itu. [isa/sp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG