Tautan-tautan Akses

Bank Dunia Tambah Wakil dari Afrika Sub-Sahara


Menteri Keuangan Nigeria Olusegun Olutoyin Aganga, ketua pertemuan tahunan Bank Dunia-IMF saat menyampaikan pidato pembukaan kemarin.

Menteri Keuangan Nigeria Olusegun Olutoyin Aganga, ketua pertemuan tahunan Bank Dunia-IMF saat menyampaikan pidato pembukaan kemarin.

Presiden Bank Dunia Robert Zoellick mengatakan negara-negara berkembang sekarang memegang mayoritas kursi dalam Dewan Eksekutif.

Bank Dunia telah menambah satu kursi baru untuk wakil dari Afrika Sub-Sahara dalam Dewan Eksekutifnya, yang meningkatkan jumlah suara yang mewakili negara-negara berkembang dalam dewan pengambilan keputusan itu.

Dengan penambahan satu kursi itu, Afrika Sub-Sahara sekarang mempunyai 3 kursi dari keseluruhan 25 kursi yang ada dalam Dewan Eksekutif Bank Dunia.

Presiden Bank Dunia, Robert Zoellick

Presiden Bank Dunia, Robert Zoellick

Dalam pernyataannya hari Jumat, Presiden Bank Dunia Robert Zoellick mengatakan ini berarti bahwa negara-negara berkembang sekarang memegang mayoritas kursi dalam Dewan Eksekutif.

Para pejabat Bank Dunia hari Jumat memilih Renosi Mokate, mantan wakil gubernur bank sentral Afrika Selatan, untuk jabatan baru itu. Mokate akan mewakili Afrika Selatan, Nigeria, dan Angola ketika sidang baru dewan eksekutif itu mulai tanggal 1 November.

Bank Dunia mengatakan badan itu telah memusatkan perhatian pada peningkatan jumlah wakil dari negara-negara berkembang dalam dua tahun ini. Bank tersebut menambahkan bahwa untuk pertama kalinya dalam sejarah Bank Dunia, ke-3 direkturnya dan kepala pakar ekonominya datang dari negara-negara berkembang.

Pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia sedang diadakan di Washington sampai dengan hari Minggu.

XS
SM
MD
LG