Tautan-tautan Akses

Bank Dunia: Ekonomi Timur Tengah dan Afrika Utara Melamban


Ekonomi negara-negara pengekspor minya seperti Irak dan Saudi Arabia melambat akibat anjloknya harga minyak dunia (foto: ilustrasi).

Ekonomi negara-negara pengekspor minya seperti Irak dan Saudi Arabia melambat akibat anjloknya harga minyak dunia (foto: ilustrasi).

Menurut laporan Bank Dunia, reformasi ekonomi membantu pertumbuhan di beberapa negara di kawasan itu, tetapi masih banyak lagi tugas yang harus dikerjakan.

Sebuah laporan Bank Dunia menyatakan pertumbuhan ekonomi di Timur Tengah dan Afrika Utara melamban, sementara sebagian besar wilayah dunia pulih pertumbuhannya dan meningkat dengan pesat.

Di Washington, para penyusun laporan itu menyatakan pertumbuhan yang lebih pesat sangat penting karena tingkat pengangguran generasi muda kawasan itu merupakan yang tertinggi di antara negara-negara berkembang lainnya.

Merosotnya harga minyak mengganggu pertumbuhan ekspor minyak, tetapi meningkatkan perekonomian sepertiga negara-negara di kawasan tersebut yang mengimpor minyak.

Menurut laporan itu, reformasi ekonomi membantu pertumbuhan di beberapa negara, tetapi masih banyak lagi tugas yang harus dikerjakan.

Para penyusun laporan mendesak negara-negara itu agar memangkas subsidi bahan bakar dan komoditi lain yang menghabiskan anggaran nasional dalam jumlah besar. Mengakhiri subsidi juga dapat mendorong investasi di industri-industri yang padat karya.

Mereka juga menganjurkan penyederhanaan regulasi, menumpas korupsi dan meningkatkan pendidikan dalam upaya meluaskan kesempatan kerja di sektor swasta.

XS
SM
MD
LG