Tautan-tautan Akses

AS

Banjir Terburuk dalam 100 Tahun Tewaskan 20 Orang di West Virginia


Mark Lester membersihkan kotak dengan air sungai kecil menyusul banjir parah di White Sulphur Springs, West Virginia (24/6). (AP/Steve Helber)

Mark Lester membersihkan kotak dengan air sungai kecil menyusul banjir parah di White Sulphur Springs, West Virginia (24/6). (AP/Steve Helber)

Gubernur mendeklarasikan keadaan darurat di sebagian besar daerah setelah hujan besar turun di beberapa wilayah.

Gubernur West Virginia Earl Ray Tomblin telah mendeklarasikan keadaan darurat di 44 county menyusul banjir terburuk di negara bagian itu dalam 100 tahun yang telah menewaskan 20 orang.

"Kerusakannya meluas dan sangat parah," ujar Tomblin, Jumat (24/6). "Fokus kita tetap pada pencarian dan penyelamatan."

Curah hujan 25 sentimeter jatuh hari Kamis, membuat sejumlah sungai di bagian barat daya dan tengah negara bagian itu meluap dan membanjiri jalanan di kota-kota di dekatnya.

Sheriff Greenbriar County Jan Cahill mengatakan ia dikelilingi "kekacauan besar."

"Jalanan hancur, jembatan ambruk, rumah terbakar, pondasi tergenang, bagian-bagian jalan layang hilang, trotoar terkelupas seperti pisang," ujar Cahill.

Puluhan ribu rumah mengalami pemadaman listrik dan ratusan orang terperangkap di dalam rumah. Sekitar 500 orang terperangkap di dalam sebuah pusat perbelanjaan setelah jembatan yang dipasang untuk jalan keluar hanyut.

Sejumlah warga lain terjebak di atas atap setelah banjir menggenangi rumah-rumah mereka.

Pasukan Garda Nasional West Virginia melakukan upaya penyelamatan.

Ahli meteorologi menyalahkan badai petir yang terkonsentrasi di wilayah yang relatif kecil yang menyebabkan banjir. Hujan deras juga membuat aliran air tumpah ruah di sisi pegunungan.

Badai yang sama telah menyebabkan tornado di bagian barat tengah AS. [hd]

XS
SM
MD
LG