Tautan-tautan Akses

21 Tewas akibat Banjir di Eropa Tengah


Seorang warga memeriksa karung-karung pasir penahan banjir di Sungai Elbe di kota Magdeburg, Jerman (9/6).

Seorang warga memeriksa karung-karung pasir penahan banjir di Sungai Elbe di kota Magdeburg, Jerman (9/6).

Pihak berwenang Jerman telah memerintahkan evakuasi beberapa desa sementara banjir terus melanda berbagai penjuru Eropa Tengah.

Sungai Elbe meluap dengan ketinggian lima meter di atas normal di kota Magdeburg, Jerman

Seperti halnya Elbe, sungai Danube dan sungai Vlatava juga meluap setelah sepekan hujan lebat, dan mengakibatkan kerusakan hebat di Republik Ceko, Austria, Slowakia, Hungaria dan Polandia.

Para petugas pertolongan di ibukota Polandia, Warsawa, Minggu, mengevakuasi para penumpang dari kendaraan-kendaraan yang terendam banjir di jalan-jalan yang sibuk di kota itu. Banyak jalan utama tidak dapat dilalui dan kemacetan mewarnai jalan-jalan besar di kota itu.

Para pejabat melaporkan, sedikitnya 21 orang telah tewas akibat bencana banjir yang melanda negara-negara di kawasan Eropa Tengah ini.

Foto-foto yang diambil dari udara menunjukkan desa-desa yang terkena banjir dan lahan-lahan yang luas sebagian terendam. Banjir memicu Jerman menutup salah satu rute kereta api yang paling populer di kawasan itu, yang menghubungkan Berlin ke Frankfurt dan kota-kota lainnya.

Kanselir Jerman Angela Merkel memuji upaya penyelamatan yang sedang berlangsung itu, tetapi menambahkan bahwa kerugian bisa mencapai "miliaran."
XS
SM
MD
LG