Tautan-tautan Akses

Banjir di Balkan, 37 Tewas dan Ribuan Mengungsi


Foto udara kota Orasje, di Bosnia-Herzegovina, yang dilanda banjir hari Minggu (18/5).

Foto udara kota Orasje, di Bosnia-Herzegovina, yang dilanda banjir hari Minggu (18/5).

Banjir terburuk yang melanda Balkan dalam lebih dari satu abad telah menewaskan sedikitnya 37 orang dan membuat ribuan lainnya kehilangan tempat tinggal.

Upaya-upaya internasional sedang dilakukan di mana pesawat-pesawat kargo Rusia tiba di Beograd hari Minggu (18/5) untuk membantu penyelamatan dan upaya kemanusiaan di Serbia, Kroasia dan Bosnia-Herzegovina.

Perdana Menteri Serbia Aleksandar Vucic mengatakan banjir dahsyat itu tidak pernah terjadi di daerah itu dalam ribuan tahun.

Banyak warga di Balkan kini hidup tanpa listrik dan ada dua ribu insiden tanah longsor di seluruh kawasan itu. Ribuan orang mengungsi dengan menggunakan perahu dan truk-truk tentara.

Para pejabat mengingatkan bahwa banjir itu bisa menghilangkan tanda-tanda ranjau darat yang tersisa dari peperangan di wilayah itu tahun 1990an, bersama dengan tanda-tanda peringatan yang menandai senjata yang belum meledak.

Beberapa pakar mengatakan aliran udara kuat menahan gumpalan awan besar di atas kawasan Balkan, sehingga curah hujan yang biasanya terjadi dalam waktu empat bulan kini tertumpah dalam beberapa hari saja.

Sementara itu, Paus Fransiskus mengajak dunia untuk mendoakan para korban banjir terburuk yang melanda kawasan Balkan dalam lebih dari satu abad. Dalam audiensi mingguannya di Vatikan, Paus Fransiskus mengatakan ia merasa memiliki kedekatan pribadi dengan mereka yang hidup dalam penderitaan dan kesulitan.
XS
SM
MD
LG