Tautan-tautan Akses

Bangladesh Keluarkan Surat Perintah Penangkapan Mantan PM Khaleda Zia


Mantan PM Khaleda Zia di Dhaka, Bangladesh (Foto: dok).

Mantan PM Khaleda Zia di Dhaka, Bangladesh (Foto: dok).

Sebuah pengadilan Bangladesh keluarkan surat perintah penangkapan, hari Rabu (25/2), terhadap mantan PM Khaleda Zia dalam dua kasus korupsi, setelah dia tidak tampil di pengadilan untuk ke-empat kalinya.

Hakim Abu Ahmed Jamadder mengeluarkan putusan itu dalam sebuah pengadilan sementara di ibukota Dhaka, setelah dia menolak permohonan yang diajukan tim pengacara pembela agar Zia diizinkan bebas dengan uang jaminan, berhubung dia sakit dan prihatin atas keamanannya, dengan kerusuhan politik yang terus berlangsung.

Tidak jelas apakah Zia akan segera ditangkap. Perintah pengadilan itu akan dikirim ke sebuah kantor polisi di mana berbagai kasus terdaftar.

Dakwaan yang tertera menyangkut apa yang dituduhkan dana gelap yang digunakan untuk membeli tanah bagi sebuah badan amal yang dibentuk untuk mengenang almarhum suami Zia, mantan Presiden Ziaur Rahman.

Tim pengacara Zia menolak tuduhan bahwa Zia telah secara ilegal mengumpulkan sumbangan lebih dari $1 juta untuk badan amal tersebut. Zia mengatakan, dakwaan itu bermotif politik, tuduhan yang disangkal pihak pemerintah.

XS
SM
MD
LG