Tautan-tautan Akses

Bangladesh akan Selidiki Bank Grameen dan Afiliasinya


Peraih Nobel dan perintis mikrokredit di Bangladesh, Muhammad Yunus diberhentikan dari jabatan Direktur Bank Grameen oleh pemerintah Bangladesh (foto: dok).

Peraih Nobel dan perintis mikrokredit di Bangladesh, Muhammad Yunus diberhentikan dari jabatan Direktur Bank Grameen oleh pemerintah Bangladesh (foto: dok).

Bangladesh memerintahkan penyelidikan atas Bank Grameen dan 54 bisnis terkait dengan institusi keuangan mikro yang didirikan oleh pemenang Nobel Muhammad Yunus.

Kementerian Keuangan Bangladesh hari Rabu membentuk sebuah komisi yang ditugaskan untuk menentukan bagaimana Grameen dan beberapa perusahaan afiliasinya seharusnya diatur.

Langkah ini diambil kurang dari dua pekan setelah Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton bertemu dengan Muhammad Yunus dalam sebuah lawatan ke Bangladesh, dan mendesak pemerintah untuk tidak melakukan sesuatu yang dapat merusak keefektifan Bank Grameen.

Pemerintah Bangladesh bulan Maret lalu memberhentikan Muhammad Yunus yang berusia 70 tahun sebagai direktur badan peminjam mikro itu dengan alasan batas usia pensiun adalah 60 tahun, tetapi para pendukungnya yakin bahwa ia menjadi target karena berupaya meluncurkan partai politiknya tahun 2007 lalu.

Muhammad Yunus juga dibebaskan dari tuduhan penyalahgunaan dana dan pelanggaran-pelanggaran keuangan lainnya.

Muhammad Yunus memenangkan penghargaan Nobel tahun 2006. Konsep keuangan mikronya dinilai berjasa membantu jutaan warga miskin di Bangladesh dan bagian-bagian lain di dunia.
XS
SM
MD
LG