Tautan-tautan Akses

Bank Dunia Keluarkan Peringatan


Presiden Kelompok Bank Dunia, Jim Yong Kim, berbicara selama Pertemuan Musim Semi Kelompok Bank Dunia 2017 hari Kamis, 20 April 2017 (foto: AP Photo/Carolyn Kaster)
Presiden Kelompok Bank Dunia, Jim Yong Kim, berbicara selama Pertemuan Musim Semi Kelompok Bank Dunia 2017 hari Kamis, 20 April 2017 (foto: AP Photo/Carolyn Kaster)

Dua pertiga lapangan kerja di negara berkembang, menurut Presiden Bank Dunia, Jim Kim bisa lenyap akibat otomatisasi, keadaan yang bisa menyulut konflik dan arus pengungsi.

Presiden Bank Dunia Jim Kim memperingatkan bahwa 2/3 lapangan kerja di negara berkembang bisa lenyap akibat otomatisasi, keadaan yang bisa menyulut konflik dan arus pengungsi. Peringatan ini dikemukakannya dalam konferensi tahunan Bank Dunia/Dana Moneter Internasional di Washington hari Kamis.

Ia mengatakan masih belum jelas seberapa cepat otomatisasi dapat melenyapkan lapangan kerja. Ancaman terhadap peluang kerja tiba sementara akses yang hampir universal pada Internet membuat orang di negara miskin tahu ada orang lain yang hidup lebih nyaman. Akibatnya, kata Kim, aspirasi yang melonjak. Tanpa pertumbuhan ekonomi dan peluang aspirasi yang tidak terpenuhi itu bisa menjurus pada frustrasi, keresahan atau bertambah banyak yang mengungsi mencari pekerjaan di negara lain.

Menurut Kim, isu ini mendesak karena dunia sudah menghadapi banyak masalah gawat dengan konflik, goncangan iklim, kelaparan dan krisis pengungsi terburuk sejak Perang Dunia Ke-2.

Solusinya, kata Kim, ialah memobilisasi triliunan dolar modal swasta yang dewasa ini berbunga rendah atau tanpa bunga. Pakar-pakar Bank Dunia sedang berusaha mencari cara untuk membantu pemodal komersial melakukan investasi demikian yang risikonya lebih kecil dan dari sudut komersial menguntungkan.

Di Amerika kekhawatiran bahwa komputer dan otomatisasi menghilangkan lapangan kerja tumbuh tatkala jutaan lapangan kerja manufakturing hilang sejak tahun 1999. Meskipun sebagian politisi menyalahkan perdagangan yang menyebabkannya,

Sebagian besar ekonom berpendapat sebagian besar lapangan kerja itu lenyap akibat otomatisasi. [my/al]

XS
SM
MD
LG