Tautan-tautan Akses

Bandara London, Stasiun Kereta Dipadati Atlet dan Penonton Olimpiade yang Mudik


Delegasi atlet Rusia tiba di terminal keberangkatan di bandara Heathrow Airport (13/8). Diperkirakan sekitar 15.000 atlet dan tim delegasi olah raga akan meninggalkan London hari ini.

Delegasi atlet Rusia tiba di terminal keberangkatan di bandara Heathrow Airport (13/8). Diperkirakan sekitar 15.000 atlet dan tim delegasi olah raga akan meninggalkan London hari ini.

Bandara Heathrow di London sangat sibuk dengan ribuan atlet dan penonton yang kembali ke tanah air mereka seusai Olimpiade 2012.

Menurut para pejabat bandara, sedikitnya 116.000 orang diperkirakan akan berangkat dari Heathrow hari Senin, dibandingkan dengan rata-rata 95.000 penumpang di hari-hari biasa.

Sementara, atlet-atlet dari Prancis, Belgia dan Belanda memadati stasiun kereta api St Pancras di London dan menunggu kereta api Eurostar untuk membawa mereka pulang dari Olimpiade London.

Layanan kereta api khusus itu mengangkut 200 lebih kontingen Olimpiade melalui terowongan EnglishChannel ke daratan Eropa setelah para atlet usai tampil di Olimpiade London.

Sewaktu menunggu kereta berangkat hari Senin, anggota kontingen diiringi lagu-lagu dari kelompok band the Beatles di stasiun kereta. Para penggemar bertepuk tangan kepada para atlet ketika kereta mulai berangkat meninggalkan stasiun.

Epke Zonderland, pesenam usia 26 tahun dari Belanda, meraih medali emas, ia memuji penyelenggara dalam memenuhi kebutuhan para atlet.

“Selain berlatih keras dan melakukan persiapan dengan baik, tapi rasanya seperti berlibur,'' katanya, sebelum naik kereta.

Medali emas yang diraih atlet lontar martil putri Belarusia, Nadzeya Ostapchuk, dicabut akibat kasus doping.

Medali emas yang diraih atlet lontar martil putri Belarusia, Nadzeya Ostapchuk, dicabut akibat kasus doping.

Sementara itu, atlet lontar martil putri dari Belarusia Nadzeya Ostapchuk menjadi atlet pertama yang kehilangan medali Olimpiade London setelah medali emasnya dicabut hari Senin karena masalah doping.

Valerie Adams dari Selandia Baru menjadi peraih medali emas dan Evgeniia Kolodko dari Rusia menerima medali perak. Gong Lijiao dari Tiongkok yang berada di posisi keempat dianugerahi medali perunggu.

Komite Olimpiade Internasional – IOC mengatakan Ostapchuk dinyatakan positif menggunakan metenolone steroid. Ia menjuarai cabang lontar martil seminggu lalu. IOC mengatakan Ostapchuck diuji sample-nya sehari sebelum kompetisi dan diuji kembali setelah bertanding. Kedua sample dinyatakan positif.

Pengumuman itu dirilis beberapa jam setelah obor Olimpiade dipadamkan dalam upacara penutupan, di mana para atlet dan para pejabat mulai meninggalkan kota London. Sehari sebelumnya, Presiden IOC Jacques Rogge menyatakan kesuksesan “perang” melawan doping.

Para penyanyi pop Inggris meramaikan upacara penutupan Olimpade London, yang bertajuk “Simponi Musik Inggris.” Penyanyi tenar seperti George Michael, Spice Girls, Annie Lennox, dan the Pet Shop Boys beraksi dalam perayaan selama tiga jam yang disaksikan 80.000 penonton itu.

Perdana Menteri David Cameron memuji penyelenggaraan Olimpiade yang menurutnya telah menunjukkan kepada dunia dan mengingatkan warga Inggris apa yang mampu mereka lakukan.

Amerika berhasil mengumpulkan medali terbanyak, dengan jumlah total 104 medali, 46 diantaranya medali emas. Dalam upacara penutupan Olimpiade 2012, London menyerahkan penyelenggaraan Olimpiade berikut, tahun 2016, kepada Rio de Janeiro.
XS
SM
MD
LG