Tautan-tautan Akses

Ban Ki-moon: Situasi di Suriah Semakin Merosot


Sekjen PBB Ban Ki-moon mengimbau pendanaan global yang lebih besar untuk upaya-upaya bantuan kemanusiaan di Suriah (foto: dok).

Sekjen PBB Ban Ki-moon mengimbau pendanaan global yang lebih besar untuk upaya-upaya bantuan kemanusiaan di Suriah (foto: dok).

Sekjen PBB Ban Ki-moon berencana untuk memberitahu Sidang Majelis PBB mengenai situasi kemanusiaan di Suriah yang menyedihkan dan makin merosot.

Ban Ki-moon hari Selasa berpidato kepada Sidang Majelis di mana ia diperkirakan mengimbau pendanaan global yang lebih besar untuk upaya-upaya bantuan di Suriah dan meminta negara-negara tetangga menampung para pengungsi.

Juru bicara Ban mengatakan Sekjen PBB memahami saat ini dunia dalam situasi penghematan namun juga pada masa yang sangat membutuhkan.

PBB mengatakan 100 ribu warga Suriah melarikan diri dari negara itu bulan Agustus, jumlah yang tertinggi dalam satu bulan sejak konflik itu dimulai tahun lalu.

Juru bicara badan pengungsi PBB Melissa Fleming mengatakan 235 ribu warga Suriah tinggal di kamp-kamp pengungsi di Yordania, Irak, Lebanon, dan Turki.

Tapi pejabat mengatakan jumlah pengungsi mungkin lebih banyak lagi karena tidak setiap orang mendaftar pada petugas kamp.

Hari Selasa televisi Suriah juga melaporkan bahwa Presiden Bashar al-Assad mengatakan ia mendukung tugas Komite Palang Merah Internasional/ ICRC di Suriah sejauh ICRC tetap “netral dan independen”.

Assad bertemu dengan pimpinan ICRC Peter Maurer di Damaskus.
XS
SM
MD
LG