Tautan-tautan Akses

AS

Balon Udara Militer AS yang Terlepas Kembali ke Darat


Balon udara zeppelin, bagian dari sistem pertahanan rudal peluncur, di Middle River, Maryland, dekat Aberdeen Proving Ground. (Foto: Dok)

Balon udara zeppelin, bagian dari sistem pertahanan rudal peluncur, di Middle River, Maryland, dekat Aberdeen Proving Ground. (Foto: Dok)

Sekitar 30.000 orang menghadapi listrik padam karena kabel panjang penambat balon itu memutuskan kawat listrik ketika ia terombang-ambing.

Sebuah balon udara zeppelin besar tak berawak milik militer Amerika Serikat, yang terlepas dari ikatannya hari Rabu (28/10) dan terombang-ambing di langit Pennsylvania selama beberapa jam, telah kembali ke darat setelah kempes.

Balon itu mendarat di hutan dekat kota kecil sebelah utara ibukota negara bagian tersebut, Harrisburg.

Tidak ada laporan mengenai luka atau kerusakan besar. Tetapi, sekitar 30.000 orang menghadapi pemadaman listrik karena kabel panjang penambat balon itu memutuskan kawat listrik ketika ia terombang-ambing.

Dua pesawat tempur F-16 mengikuti zeppelin itu dalam penerbangannya yang tidak direncanakan, tetapi tidak pernah ada rencana untuk menembak jatuh pesawat tersebut.

Balon zeppelin itu terlepas dari kaitannya di Aberdeen Proving Grounds di bagian utara Maryland Rabu sore, dan terbawa ke Pennsylvania tengah di utara. Hal ini menimbulkan keramaian di kota pertanian kecil itu dimana orang memotret balon tersebut dan menelpon polisi.

Zeppelin tak berawak itu adalah sejenis dengan yang digunakan untuk melakukan pengintaian terhadap rudal dan benda lain di Afghanistan dan Irak.

Menteri Pertahanan Amerika Ash Carter mengatakan kepada para wartawan, zeppelin itu sudah pernah terlepas sebelumnya di Afghanistan. Tidak jelas bagaimana pesawat itu terlepas hari Rabu, tetapi Carter mengatakan cuaca buruk kemungkinan juga turut berperan.

Para pejabat juga tidak tahu pasti apa yang menyebabkannya kempes.

Zepelin yang kedua di Aberdeen yang digunakan untuk pemantauan kebakaran akan dikembalikan ke darat sampai penyelidikan selesai. [gp]

XS
SM
MD
LG