Tautan-tautan Akses

Bakar Diri Terjadi Lagi di Tibet, Sementara Tiongkok Buka Kongres Partai Komunis


Ruski vojnik u ukrajinskoj uniformi na straži u vojnoj bazi blizu krimskog sela Perevalnoja, kod Simferopola, 6. mart, 2014.
Ruski vojnik u ukrajinskoj uniformi na straži u vojnoj bazi blizu krimskog sela Perevalnoja, kod Simferopola, 6. mart, 2014.

Dua lagi warga Tibet telah membakar diri untuk memprotes kebijakan Tiongkok di Tibet, menambah jumlah protes bakar diri menjadi enam dalam dua hari terakhir.

Kalsang Jinpa, mantan biarawan berusia 18 tahun, tewas setelah membakar diri hari Kamis di kota Rongwo di Rebkong, Tibet timur (yang disebut Provinsi Qinghai oleh Tiongkok.)

Saksi mengatakan dia mengangkat spanduk putih sambil menyerukan kembalinya Dalai Lama ke Tibet. Mereka juga mengatakan protes itu menarik kerumunan besar dan situasi di sana masih tegang.

Telah terjadi lima protes bakar diri di Rebkong sejak Maret, termasuk protes maut hari Rabu oleh seorang ibu berusia 23 tahun (Tamding Tso.)

Warga Tibet di pengasingan juga menegaskan hari Kamis bahwa seorang pria lain membakar diri sehari sebelumnya di Driru, kabupaten Nagchu di Daerah Otonomi Tibet.

Kabar protes baru itu datang sementara Tiongkok membuka Kongres Partai ke-18 di Beijing dalam rangka transisi kepemimpinan setiap satu dekade.

Recommended

XS
SM
MD
LG