Tautan-tautan Akses

Bajak Laut Somalia Bebaskan Keluarga dan 2 Awak Kapal Denmark


Keluarga Johansen pada saat akan berangkat untuk melakukan pelayaran keliling dunia (foto: dok).

Keluarga Johansen pada saat akan berangkat untuk melakukan pelayaran keliling dunia (foto: dok).

Tidak jelas apakah dilakukan pembayaran uang tebusan untuk membebaskan para sandera yang berjumlah 7 orang itu.

Para perompak Somalia telah membebaskan sebuah keluarga Denmark beranggotakan lima orang dan dua awak kapal, yang juga berkebangsaan Denmark. Mereka ditangkap oleh para bajak laut sewaktu berlayar keliling dunia lebih dari enam bulan lalu.

Dalam pernyataan Rabu ini, kementerian luar negeri Denmark mengungkapkan, para sandera yang dibebaskan itu dalam keadaan aman dan sehat-sehat, mengingat situasi yang telah mereka tempuh.

Pernyataan tersebut tidak menyebutkan apakah dilakukan pembayaran uang tebusan untuk membebaskan para sandera itu. Para bajak laut Somalia menangkap rombongan warga Denmark itu tanggal 24 Februari lalu, sewaktu mereka berlayar dengan perahu mereka di Samudera Hindia.

Tulisan-tulisan dalam berbagai blog menyiratkan bahwa keluarga Denmark itu sadar akan kemungkinan diserang perompak dan telah merancang sebuah rencana bertindak apabila mereka menjadi sasaran.

Keluarga tadi terdiri atas Jon Johansen, isterinya Birgit Marie, dan ketiga anak mereka berumur antara 12 hingga 16 tahun ketika mereka ditangkap.

Sementara dalam penyanderaan, perompak mengancam akan melukai para sandera setelah sebuah usaha penyelamatan yang gagal dari pasukan penyelamat dari kawasan Puntland, Somalia.

XS
SM
MD
LG