Tautan-tautan Akses

Bahan dalam Komputer Tablet dapat Picu Kulit Gatal


Frankie Thevenot yang berusia tiga tahun bermain-main dengan iPad di rumahnya di Metairie, Louisiana, AS. (Foto: Dok)

Frankie Thevenot yang berusia tiga tahun bermain-main dengan iPad di rumahnya di Metairie, Louisiana, AS. (Foto: Dok)

Laporan-laporan terbaru dalam jurnal-jurnal medis merinci alergi-alergi nikel dari berbagai peralatan elektronik pribadi, termasuk laptop dan ponsel.

Kulit Anda gatal-gatal tanpat sebab yang jelas? Cek iPad Anda. Ternyata komputer tablet populer itu dapat mengandung nikel, salah satu logam yang paling banyak memicu alergi.

Laporan-laporan terbaru dalam jurnal-jurnal medis merinci alergi-alergi nikel dari berbagai peralatan elektronik pribadi, termasuk laptop dan ponsel. Namun sebuah iPad Apple telah menyebabkan kulit gatal-gatal pada seorang anak laki-laki berusia 11 tahun yang baru-baru ini dirawat di sebuah rumah sakit San Diego, AS, menurut laporan jurnal Monday's Pediatrics.

Gatal-gatal akibat nikel tidak mengancam nyawa, tapi bisa sangat tidak nyaman, dan mungkin memerlukan pengobatan dengan steroid dan antibiotik jika letupan di kulit ini terkena infeksi, ujar Dr. Sharon Jacob, ahli penyakit kulit di Rumah Sakit Anak-anak Rady, tempat bocah laki-laki itu dirawat.

Jacob, yang ikut menulis laporan tersebut, mengatakan pasien muda itu harus tidak masuk sekolah karena kondisi kulitnya.

Pengujian kulit menunjukkan bahwa anak itu memiliki alergi terhadap nikel, dan para dokter melacaknya pada iPad yang dibelikan keluarganya pada 2010 dan digunakannya setiap hari.

Para dokter menguji tablet itu dan mendeteksi senyawa kimia yang ditemukan dalam nikel dalam lapisan luar iPad. Kulit anak itu membaik setelah iPad itu dibungkus.

Tidak jelas apakah semua model iPad dan alat-alat Apple lainnya mengandung nikel. Juru bicara Apple, Chris Gaither, mengatakan perusahaan tidak memiliki komentar.

Gatal-gatal akibat nikel juga ditemukan di produk-produk umum lainnya, termasuk beberapa perhiasan, bingkai kacamata dan ritsleting.

Jacob mengatakan data menunjukkan bahwa sekitar 25 persen anak-anak yang dites untuk alergi memiliki alergi terhadap nikel, naik dari 17 persen pada 10 tahun yang lalu. (AP)

XS
SM
MD
LG