Tautan-tautan Akses

AS

Badan Pertamanan Nasional AS Rayakan HUT ke-100


Logo Badan Pertamanan Nasional dan angka 100 di National Mall di Washington, DC (25/8).

Logo Badan Pertamanan Nasional dan angka 100 di National Mall di Washington, DC (25/8).

Perayaan termasuk “Rangerpalooza”, pameran mengenai para pegawai taman-taman nasional, aktivitas berburu untuk anak-anak dan konser sore hari serta pesta bir.

Tepat 100 tahun yang lalu, Presiden AS Woodrow Wilson mendirikan Badan Pertamanan Nasional. Tujuannya adalah untuk "memelihara pemandangan dan obyek-obeyk alam dan sejarah serta kehidupan liar di dalamnya untuk memberikan kegembiraan."

Saat ini, badan tersebut memelihara 412 tempat di seluruh negara, dengan luas total lebih dari 34 hektar lahan. Tempat-tempat ini termasuk taman nasional, monumen, bekas medan perang, taman militer, taman bersejarah, situs bersejarah, danau, pantai, tempat rekreasi, sungai dan Gedung Putih. Lebih dari 300 juta orang mengunjungi taman-taman nasional setiap tahun.​

Yellowstone, taman nasional tertua di AS. (Carol M. Highsmith, Koleksi Perpustakaan Kongres)

Yellowstone, taman nasional tertua di AS. (Carol M. Highsmith, Koleksi Perpustakaan Kongres)

Taman nasional tertua, didirikan tahun 1872 (bahkan sebelum badan pertamanan ada) adalah Yellowstone, seluas 800.000 hektar hutan yang ada di puncak kaldera purba. Tempat ini memiliki geyser, kolam air panas vulkanisk, dan kehidupan alam liar yang memukau.

Taman terbaru, dibuat tahun 2013, adalah Pinnacles di California, tumpukan bebatuan kuno yang merupakan peninggalan gunung berapi purba.

Untuk merayakan ulang tahun ke-100, badan pertamanan mengadakan perayaan National Mall. Merupakan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi, dengan lahan yang membentang sepanjang tiga kilometer antara Gedung Kongres Amerika dan tugu Lincoln, tempat ini dikunjungi 24 juta turis setiap tahun. National Mall alun-alun nasional itu membentang dan di tengah-tengahnya terletak tugu yang dikenal sebagai Washington Monument.

Perayaan hari Kamis (25/8) di Mall itu termasuk “Rangerpalooza”, pameran yang menampilkan informasi mengenai para pegawai taman-taman nasional, aktivitas berburu untuk anak-anak dan konser sore hari serta pesta bir.

Sebelumnya hari Kamis, ratusan tenaga sukarela berkumpul di Mall itu, dilengkapi dengan payung berwarna coklat, hijau dan putih untuk membentuk logo Taman Nasional untuk foto dari udara. Acara pelantikan sebagai warga negara diadakan di tugu peringatan PD II, salah satu tugu yang peringatan terbaru di mall itu.

Taman-taman nasional di seluruh Amerika dibuka gratis hari Kamis dengan perayaan setempat seperti festival makanan, kunjungan petugas taman dan kegiatan khusus lainnya. [my/hd]

XS
SM
MD
LG