Tautan-tautan Akses

Badan Pengatur Perbankan Sita Bank Terkait Ulama Turki di AS


Suasana di sekitar ATM Bank Asya di Ankara, Turki (Foto: dok).

Suasana di sekitar ATM Bank Asya di Ankara, Turki (Foto: dok).

Badan Pengatur Perbankan Turki, Selasa (3/2), menyatakan telah mengambil alih manajemen Bank Asya dengan menunjuk direktur dan panel bank baru.

Pengatur bank Turki telah mengambil alih sebuah bank yang berafiliasi dengan sebuah gerakan Islam moderat, yang terlibat dalam pertikaian pahit dengan pemerintah.

Badan Pengatur Perbankan mengatakan hari Selasa (3/2), dana asuransi deposito tabungan negara itu telah mengambil alih manajemen Bank Asya, dengan menunjuk direktur dan panel bank baru. Pengambil-alihan itu dikabarkan karena terjadi pelanggaran terhadap peraturan dan transparansi perbankan.

Fethullah Gulen di rumah kediamannya di Saylorsburg, Pennsylvania (Foto: dok).

Fethullah Gulen di rumah kediamannya di Saylorsburg, Pennsylvania (Foto: dok).

Langkah itu diambil di tengah-tengah usaha penumpasan pemerintah terhadap gerakan yang dipimpin oleh ulama Turki yang hidup di Amerika Serikat, Fethullah Gulen, yang dituduh Presiden Recep Tayyip Erdogan mendalangi sebuah penyelidikan korupsi tahun lalu, yang menargeti para pejabat pemerintah.

Turki mengeluarkan perintah penangkapan bagi Gulen, dengan menuduhnya berkomplot melawan pemerintah. Para pejabat mengutarakan mereka akan mengusahakan pengekstradisian Gulen dari Amerika Serikat.

XS
SM
MD
LG