Tautan-tautan Akses

Badan Nuklir PBB Tuntut Akses ke Lokasi Militer Iran


Dirjen IAEA, Yukiya Amano (kanan) melakukan pembicaraan dengan Menlu Iran, Ali Akbar Salehî di Wiena, Austria (foto: dok).

Dirjen IAEA, Yukiya Amano (kanan) melakukan pembicaraan dengan Menlu Iran, Ali Akbar Salehî di Wiena, Austria (foto: dok).

Meskipun PBB telah meminta akses, Dirjen IAEA, Yukiya Amano mengatakan belum ada hasil konkret yang muncul dari pertemuan dengan wakil-wakil Iran Januari lalu.

Ketua badan pengawas nuklir PBB hari Senin meminta Iran agar tanpa ditunda lebih jauh memberi para inspektur PBB akses ke lokasi militer yang diperdebatkan, di mana mereka meyakini Iran mungkin telah melakukan serangkaian ujicoba terkait dengan pembuatan senjata nuklir.

Seraya menyatakan frustrasinya berkenaan dengan kurangnya kerjasama di pihak Iran, Dirjen Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Yukiya Amano mengatakan pihaknya perlu menilai berbagai aktivitas di pangkalan militer Parchin di Iran itu.

Iran menyatakan tuduhan mengenai pembuatan senjata nuklir di lokasi tersebut tidak beralasan. Menurut Teheran, program nuklirnya adalah untuk kepentingan damai.
Sebuah organisasi riset Amerika memperoleh citra satelit pada Mei lalu yang mengisyaratkan Iran mungkin berusaha menghancurkan jejak-jejak ujicoba senjata nuklir di Parchin.

Meskipun PBB telah meminta akses, Amano mengatakan belum ada hasil konkret yang muncul dari pertemuan dengan wakil-wakil Iran sejak Januari lalu.
XS
SM
MD
LG