Tautan-tautan Akses

Badan Intelijen Kanada Boleh Gunakan Informasi dari Hasil Penyiksaan


Menteri Urusan Keselamatan Publik Kanada, Vic Toews (foto: dok).

Menteri Urusan Keselamatan Publik Kanada, Vic Toews (foto: dok).

Pejabat Kanada mengatakan, informasi melalui penyiksaan tidak diinginkan, namun diperbolehkan jika nyawa warga Kanada dipertaruhkan.

Pemerintah Kanada mengatakan pihaknya telah memerintahkan badan inteljennya untuk menggunakan informasi dari pemerintahan asing, yang mungkin diperoleh melalui penyiksaan, untuk menyelamatkan jiwa.

Menteri Urusan Keselamatan Publik Kanada Vic Toews mengakui kebijakan itu hari Selasa dalam sesi dengar pendapat di parlemen. Vic Toews mengatakan informasi yang diperoleh dari penyiksaan “senantiasa diabaikan”, tetapi mengatakan keadaan berubah apabila “nyawa dan properti warga Kanada dipertaruhkan”.

Sebuah perintah kementerian yang dikeluarkan tahun 2009 menginstruksikan Badan Inteljen Keamanan Kanada CSIS untuk tidak mengandalkan informasi yang diketahui diperoleh dari hasil penyiksaan. Tetapi sebuah perintah langsung Vic Toews yang dikeluarkan pada tahun berikutnya mengatakan “dalam keadaan luar biasa” CSIS seharusnya menggunakan informasi semacam itu karena mengabaikannya dapat menimbulkan “resiko yang tidak dapat diterima bagi keamanan publik”.

Instruksi tahun 2010 itu diperoleh kantor berita Canadian Press di berdasarkan undang-undang pengungkapan informasi.

XS
SM
MD
LG