Tautan-tautan Akses

Badan Anti-Doping Dunia Tangguhkan Izin Lab Uji Doping Olimpiade Rio


Para teknisi di Laboratorium Uji Doping Brazil (LBCD) di Rio de Janeiro, Brazil (8/5). (AP/Felipe Dana)

Para teknisi di Laboratorium Uji Doping Brazil (LBCD) di Rio de Janeiro, Brazil (8/5). (AP/Felipe Dana)

WADA mengatakan hari Jumat (24/6), laboratorium itu telah melakukan "kesalahan prosedur" dan tidak mematuhi Standar Internasional untuk Laboratorium."

Rio de Janeiro kembali menghadapi kendala di tengah persiapan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas yang akan diadakan hanya dalam waktu enam minggu lagi.

Badan Anti-Doping Dunia (WADA) telah menangguhkan izin laboratorium pengujian obat di kota itu, dan melarang melakukan tes apapun selama enam bulan.

WADA mengatakan hari Jumat (24/6), laboratorium itu telah melakukan "kesalahan prosedur" dan tidak mematuhi standar internasional untuk laboratorium."

Tidak ada rincian lebih lanjut. Laboratorium itu diberi waktu 21 hari untuk naik banding atas keputusan tersebut.

Juru bicara Olimpiade Rio, Mario Andrada mengatakan, ini "bukan masalah besar" karena sampel-sampel darah dan urin yang akan diperiksa bisa diterbangkan setiap hari ke laboratorium di Amerika Serikat dan Eropa.

Andrada mengatakan, pihak penyelenggara 100 persen bertekad untuk membersihkan Olimpiade dari skandal doping, yang berarti tidak ada toleransi bagi atlet yang menggunakan obat-obatan untuk meningkatkan prestasi mereka.

Penangguhan izin laboratorium itu menambah masalah bagi Brasil karena Olimpiade akan dibuka tanggal 5 Agustus. Selain itu, ada masalah pemakzulan presiden, wabah virus Zika yang disebarkan oleh nyamuk, ekonomi yang berantakan, dan polusi luas di perairan sekitar Rio, termasuk di beberapa wahana Olimpiade. [ps/ii]

XS
SM
MD
LG