Tautan-tautan Akses

NASA akan Kirim Kendaraan Antariksa Curiosity ke Mars

  • Faith Lapidus

Sejumlah wartawan di Pasadena, California diizinkan menyaksikan pengiriman sebuah kendaraan tak berawak ke planet Mars yang bernama Curiosity.

Nama kendaraan itu diberikan oleh Clara Ma, seorang siswa dari Kansas yang dua tahun lalu memenangkan perlombaan untuk memberi nama kendaraan itu. Ia juga akan menyaksikan peluncuran Curiosity di Florida pada bulan November.

Curiosity yang akan dikirim ke Mars bulan November akan datang.

Curiosity yang akan dikirim ke Mars bulan November akan datang.

Kendaraan yang akan dikirim ke Mars itu sebesar mobil kecil dengan panjang tiga meter dan berat 900 kilogram. Curiosity lebih berat dari kendaraan-kendaraan sebelumnya yang disebut Spirit, Opportunity, dan Sojourner. Badan antariksa Amerika mengatakan Curiosity membutuhkan waktu 10 bulan untuk sampai ke Mars. Setibanya di Mars, Curiosity akan langsung memulai sejumlah eksperimen. Menurut para pakar, selama sedikitnya dua tahun wahana itu akan mengirim informasi ke bumi. Mereka berharap Curiosity bisa menemukan tanda-tanda kehidupan di Mars.

Badan Antariksa Amerika (NASA) menyebut Curiosity “laboratorium berjalan”. Kendaraan ini akan membawa 10 peralatan yang akan diujicoba di Mars. Laser akan digunakan untuk memecahkan benda-benda besar yang ditemukannya. Curiosity juga dilengkapi dengan bor untuk memotong batu dan memeriksa kandungan di dalamnya serta kamera yang dapat digunakan untuk memotret benda-benda yang jauh. Curiosity bahkan punya tangan yang dapat menyentuh bneda-benda dan mengirim informasi ke bumi.

Curiosity tidak digerakkan oleh tenaga surya, tetapi oleh baterei nuklir yang memungkinkannya bepergian jauh. Para pakar belum memutuskan di mana tepatnya Curiosity akan didaratkan di Mars. Mereka sedang mencari tempat yang paling mungkin mengandung mikroba.

Sementara itu, Clara Ma yang memenangkan lomba memberi nama kendaraan itu akan mendapat kejutan lain. Para pejabat badan antariksa mengizinkan Clara membubuhkan tanda tangannya pada bagian bawah Curiosity.

XS
SM
MD
LG