Tautan-tautan Akses

Badai Tropis Wukong Tewaskan 11 Orang di Filipina


Filipina rentan terhadap bencana banjir yang diakibatkan hujan lebat dan tsunami (Foto: dok). Setelah dilanda topan Bopha awal bulan Desember ini, Filipina kembali dihantam badai tropis Wukong, Kamis (28/12).

Filipina rentan terhadap bencana banjir yang diakibatkan hujan lebat dan tsunami (Foto: dok). Setelah dilanda topan Bopha awal bulan Desember ini, Filipina kembali dihantam badai tropis Wukong, Kamis (28/12).

Lebih dari 6.000 warga mengungsi ke pusat-pusat evakuasi untuk menghindari badai tropis Wukong yang diperkirakan melintasi pulau Palawan di Filipina Barat, Kamis (28/12).

Badai tropis Wukong mengakibatkan sedikitnya 11 orang tewas di Filipina, yang masih berusaha pulih dari serangan topan sebelumnya bulan ini yang menewaskan lebih dari seribu orang.

Badai Tropis Wukong mencapai daratan pada Hari Natal di provinsi Samar Timur dimana mulanya tiga orang tewas ketika sebuah pohon tumbang menimpa sebuah rumah.

Wukong adalah badai ke-17 yang melanda Filipina tahun ini, yang memicu banjir bandang di ibukota provinsi Aklan, Kalibo, di barat laut Pulau Panay. Badai itu akhirnya melemah selagi bergerak menuju Laut Cina Selatan.

Para pejabat mengatakan, tiga orang juga dinyatakan hilang ketika badai itu datang melanda Filipina tengah hari Kamis, mengakibatkan sungai-sungai meluap, kota-kota kebanjiran dan jalan-jalan tidak dapat dilalui.

Dinas Penanggulangan Bencana Nasional Filipina mengatakan tiga orang tewas ketika sebuah pohon tumbang menimpa rumah mereka di propinsi Samar Timur. Seorang lagi tewas akibat longsor di propinsi Iloilo.

Lebih dari 6000 orang pergi mengungsi ke pusat-pusat evakuasi untuk menghindari badai yang diperkirakan akan melemah ketika bergerak melintasi pulau Palawan di Filipina Barat, Kamis.

Kekuatan Wukong tidak sehebat Topan Bopha, yang menghantam Filipina selatan 4 Desember lalu, menewaskan lebih dari 1000 orang dan mengakibatkan ratusan lainnya hilang.

Filipina rentan terhadap bencana banjir yang diakibatkan hujan lebat dan tsunami. Negara itu menghadapi sekitar 20 badai besar atau topan setiap tahunnya.
XS
SM
MD
LG