Tautan-tautan Akses

Badai Tropis Lee Melemah, Tornado Ancam Lousiana Selatan.


Seorang laki-laki memberi petunjuk jalan bagi pengendara truk melintasi banjir akibat badai tropis Lee di New Orleans (3/9).

Seorang laki-laki memberi petunjuk jalan bagi pengendara truk melintasi banjir akibat badai tropis Lee di New Orleans (3/9).

Menurut Pusat Badai Nasional AS, meskipun kekuatannya melemah, badai tropis Lee masih berpotensi memicu tornado ke wilayah Lousiana Selatan hingga Florida Barat.

Pantai-pantai di Teluk Meksiko di negara bagian Louisiana Amerika menghadapi hujan lebat saat Badai Tropis Lee melanda kawasan lepas pantai itu.

Badai Lee melemah hari Sabtu ketika bergerak ke arah utara menuju pantai Louisiana, dan tertahan selama beberapa jam. Badai Lee mencapai daratan Louisiana Sabtu malam.

Pusat Badai Nasional Amerika mengatakan lambatnya pergerakan Badai Lee menyebabkan curah hujan sebanyak 50 centimeter di kawasan Louisiana selatan, Mississippi dan Alabama hingga hari Minggu. Kecepatan angin maksimum telah turun hingga 75 kilometer per jam dan diperkirakan akan terus menurun saat badai itu bergerak ke daratan.

Menurut juru bicara Pusat Badai Nasional, Dennis Feltgen, badai hujan diperkirakan akan menyebabkan banjir yang luas. Ia mengatakan badai Lee juga bisa membawa tornado ke daerah Louisiana selatan sampai ke Florida barat.

Badai Lee menyebabkan perusahaan minyak dan gas untuk menutup anjungan pengeboran lepas pantai mereka dan mengevakuasi para pekerja dari Teluk Meksiko.

Peringatan badai tropis telah dikeluarkan dari perbatasan Alabama-Florida sampai ke Texas. Kota New Orleans, di negarabagian Louisiana, yang mengalami kerusakan parah tahun 2005 akibat badai Katrina, merupakan salah satu daerah yang akan dilalui oleh badai itu. Walikota kota itu, Mitch Landrieu mendesak warganya untuk bersiap-siap menghadapi hal terburuk.

XS
SM
MD
LG