Tautan-tautan Akses

Badai Tropis Kuat Hantam Asia Timur


Badai Nock-ten saat menyerang dan mengakibatkan banjir di kota Legazpi, di provinsi Albay di Filipina timur laut (27/7).

Badai Nock-ten saat menyerang dan mengakibatkan banjir di kota Legazpi, di provinsi Albay di Filipina timur laut (27/7).

Status badai Nock-Ten turun menjadi depresi tropis setelah menghantam Vietnam, tetapi dapat mengakibatkan banjir hari Minggu.

Sebuah badai tropis yang mengakibatkan korban tewas dan kerusakan di Filipina kini menghantam Tiongkok, Vietnam dan Thailand, dan menyebabkan evakuasi penduduk besar-besaran.

Kantor berita pemerintah Tiongkok, Xinhua, mengatakan Badai Tropis Nock-Ten membanjiri daerah-daerah di propinsi Hainan pada Sabtu dini hari. Pejabat-pejabat mengatakan hampir 190.000 orang diungsikan dari rumah mereka ke tempat aman.

Pejabat-pejabat Vietnam juga mengungsikan para warga di beberapa propinsi yang terletak di kawasan pantai, sementara Nock-Ten mengakibatkan hujan lebat dan angin berkecepatan hingga 102 kilometer per jam pada hari Sabtu. Pihak berwenang mengatakan satu orang tewas tersetrum listrik Sabtu malam akibat tiang listrik yang tumbang.

Status badai Nock-Ten diturunkan menjadi depresi tropis setelah menghantam Vietnam, tetapi pengamat cuaca mengingatkan badai itu dapat membawa lebih banyak angin, hujan dan banjir pada hari Minggu. Badai diperkirakan tiba di Laos pada Minggu sore.

XS
SM
MD
LG